Jumat, 24 Jun 2022 13:16 WIB

Batas Kadar Normal Asam Urat Perempuan Berapa Sih? Cek di Sini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Batas kadar normal asam urat perempuan berapa? (Foto: iStock)
Jakarta -

Batas kadar normal asam urat perempuan berapa sih? Pasalnya, kadar asam urat (gout) di dalam tubuh umumnya berbeda antara perempuan dan laki-laki.

Sebagai informasi asam urat adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Terkadang, asam urat yang berlebih dapat menumpuk di persendian dan jaringan, sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti radang sendi.

Biasanya gejala yang ditimbulkan dapat berupa nyeri pada bagian jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan atau tangan. Bahkan, tulang belakang juga bisa terkena asam urat meski kasus ini sangat jarang ditemukan.

Adapun pemicu asam urat tinggi di dalam darah disebabkan oleh purin, yaitu zat kimia yang secara alami ditemukan di dalam tubuh dan beberapa makanan tertentu, obat-obatan, alkohol, hingga makanan dan minuman manis. Oleh karenanya, penting untuk menjaga pola hidup demi menghindari kadar asam urat yang terlalu tinggi.

Berbicara tentang kondisi ini, lantas batas kadar normal asam urat perempuan berapa sih? Simak informasi berikut.

Kadar Normal Asam Urat Perempuan Berapa Sih?

Kadar normal asam urat perempuan umumnya dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah. Untuk menghindari rasa nyeri yang mengganggu aktivitas, seseorang harus paham dulu kadar asam urat yang normal tersebut.

Dikutip dari Medical News Today, kadar normal asam urat perempuan berada pada kisaran 1,5 hingga 6,0 milligram/desiliter (mg/dl). Sedangkan kadar asam urat rendah pada perempuan adalah di bawah 1,5 mg/dl, dan kadar tingginya sekitar di atas 6,0 mg/dl.

Berbeda dengan laki-laki yang kadar asam urat normalnya berada pada kisaran 2,5-7,0 mg/dl, sedangkan kadar asam urat rendahnya adalah di bawah 2,5 mg/dl dan kadar tingginya sekitar di atas 7,0 mg/dl.

Ingat, memiliki asam urat dalam darah adalah kondisi yang normal. Namun, jika asam urat terlalu tinggi atau terlalu rendah dari kadar normal, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Cara Mengontrol Kadar Asam Urat

Selain tahu kadar normal asam urat perempuan berapa, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mengontrolnya agar tetap dalam kisaran normal.

Mengontrol asam urat bisa dengan membatasi asupan makanan yang menjadi sumber asam urat, yakni makanan yang kaya akan purin. Makanan kaya akan purin ini termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran.

Dilansir dari Healthline, makanan dan minuman yang harus dibatasi atau dihindari untuk mengontrol asam urat, seperti:

  • Semua daging organ atau jeroan seperti hati, jantung, ginjal, limpa, paru-paru, dan otak sapi.
  • Daging merah
  • Daging bebek atau angsa
  • Ikan tertentu contohnya ikan haring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, dan haddock yang memiliki banyak kadar purin.
  • Makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, dan telur ikan
  • Minuman manis, terutama jus buah dan soda manis
  • Semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Gula tambahan. Contohnya madu, nektar agave, dan sirup jagung fruktosa tinggi
  • Makanan yang mengandung ragi
  • Makanan sumber karbohidrat olahan


Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)