ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 08:51 WIB

Widi Vierra Jadi Korban Pelecehan Seksual, Efeknya Bisa Trauma Seumur Hidup

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Widi Vierratale Widi Vierratale. Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Musisi Widi Vierratale mengungkapkan kisah kelam di masa lalunya. Sambil menangis tersedu, ia menceritakan pernah menjadi korban pelecehan seksual.

Sambil menangis, Widi mengatakan beberapa tahun lalu ia pernah diculik dan dilecehkan oleh sejumlah pria. Akibat kejadian tersebut, Widi mengatakan masih memiliki trauma hingga saat ini.

"Ini nggak mudah, kadang kita juga takut buat bicara karena nggak semua bisa memilih kata-kata dan penyampaian yang tepat," kata Widi saat berbincang di podcast Deddy Corbuzier.

Efek pelecehan seksual pada korban

Kasus pelecehan seksual seperti tidak ada habisnya. Korban pelecehan seksual bisa merasakan depresi akut hingga trauma seumur hidup.

"Gejala kecemasan hingga depresi seperti adanya rasa tidak berdaya yang demikian hebat, sehingga dia berpikir bahwa saya tidak lagi pantas untuk hidup itu juga mungkin," kata spesialis kejiwaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Gina Anindyajati, SpKJ, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Korban pelecehan seksual juga tak jarang menyalahkan diri mereka sendiri dan berujung pada depresi. Selain itu mereka juga rentan mengalami gangguan kecemasan yang menyebabkan dirinya selalu dalam bahaya sehingga mengganggu aktivitas hariannya.



Simak Video "Ini Kata Psikolog Forensik Soal Dugaan Kasus 'Colak-colek' Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya