Teknik Dasar Lari yang Harus Diketahui agar Terhindar dari Cedera

ADVERTISEMENT

Teknik Dasar Lari yang Harus Diketahui agar Terhindar dari Cedera

Angga Laraspati - detikHealth
Senin, 27 Jun 2022 14:45 WIB
Ilustrasi lari
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Teknik dasar lari mungkin terdengar seperti hal sepele. Sebab, mayoritas orang-orang sudah bisa berlari tanpa perlu mendapat pelatihan khusus. Meski begitu, bila teknik dasar lari ini tidak dikuasai dengan baik, bukan tak mungkin aktivitas lari bisa membuat kaki atau badan cedera.

Selain menghindari dari cedera, teknik dasar lari yang benar juga mampu membuat Anda berlari lebih cepat, efisien dan nyaman. Selain itu, bentuk lari yang tepat juga mengurangi risiko kelelahan dan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari lari tersebut.

Dilansir dari Verywellfit, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan posisi lari Anda, apa sajakah yang harus dilakukan?

Lihat ke Depan

Pertama yang pasti pandangan harus melihat ke arah depan dengan mata harus fokus ke tanah sekitar 10 hingga 20 kaki di depan Anda. Dengan posisi ini, Anda akan lebih waspada dengan apa yang terjadi di depan dan dapat menghindari dari jatuh.

Bila kepala lebih menjorok ke depan saat berlari, ini akan memberikan banyak tekanan pada otot leher dan bahu, sehingga bisa menyebabkan ketegangan. Untuk memastikan pandangan sudah tepat, cobalah sejajarkan telinga Anda dengan bahu.

Sejajarkan Tangan dengan Pinggang

Cara kedua yaitu cobalah untuk menjaga tangan Anda sejajar dengan pinggang. Lengan pun harus ditekuk pada sudut 90 derajat. Meski dinilai sulit, tapi ini akan membuat lari Anda terasa lebih nyaman dan tak mudah lelah.

Beberapa pemula cenderung untuk mengangkat tangan mereka di dekat dada terutama saat lelah. Hal inilah yang kadang membuat lari menjadi melelahkan, karena ketika tangan berada di posisi tersebut ada ketegangan di bahu dan leher, dan akan memberikan sensasi sesak.

Rilekskan Tangan dan Bahu

Ketika berlari, cobalah untuk membuat lengan dan tangan serileks mungkin. Hindari mengencangkan tangan dengan mengepal, karena ini akan membuat ketegangan menjalar ke atas lengan, bahu, dan leher Anda.

Tak hanya tangan, bahu juga harus rileks untuk membuat pernapasan jauh lebih mudah. Periksalah apakah bahu tidak mengangkat hingga dekat ke telinga. Periksa posisi bahu Anda secara berkala untuk memastikan tetap rileks.

Jaga Postur Tubuh & Lengan

Saat berlari penting juga untuk menjaga postur tubuh tetap lurus dan tegak. Pastikan tubuh tidak condong ke depan atau ke belakang karena hanya dapat menimbulkan kelelahan saja. Ketika sudah lelah, jangan membungkuk karena dapat menyebabkan sakit leher, bahu, dan punggung bawah.

Penting juga untuk menjaga lengan agar tidak menyilang di atas dada untuk menghindari pernapasan yang tidak efisien. Sebab, pernapasan yang tak efisien dapat menyebabkan kram di daerah perut Anda. Jadi posisikan kembali tangan pada sudut 90 derajat dengan bahu ke belakang dan rileks.

Putar Lengan saat Berlari

Langkah selanjutnya adalah lengan Anda harus mengayun maju mundur dari sendi bahu, bukan dari sendi siku. Ketika berlari, tangan Anda harusnya hampir menyentuh pinggul saat lengan berada di dekat badan.

Jangan Pantulkan Tubuh

Jika Anda memantul saat berlari atau yang dikenal sebagai osilasi vertikal, kepala dan tubuh akan bergerak ke atas dan ke bawah terlalu banyak yang menyebabkan energi banyak terbuang. Untuk meminimalisir, cobalah untuk tetap menjaga langkah tetap rendah ke tanah dengan langkah yang ringan.

Itu tadi beberapa teknik dasar yang bisa dilakukan untuk membuat lari lebih nyaman dan terhindar dari cedera. Selain teknik dasar, lari akan lebih nyaman bila didukung dengan aksesoris penunjang seperti sepatu lari yang akan menjaga tumpuan kaki saat berlari.

Seperti sepatu lari dari Under Armour disebut-sebut ringan dan lebih responsif yaitu Velociti Wind 2 yang dikembangkan dengan bantuan bantuan atlet UA dan duta merek, UA Innovation Lab di Baltimore dan UA Human Performance Center di Portland dan inovasi ala Under Armour selama bertahun-tahun.

Sepatu ini dibuat dengan UA HOVR Machina, jadi mampu menghilangkan kebutuhan akan outsole karet yang berat. Dibekali teknologi Under Armour Flow yang memiliki senyawa midsole tunggal, ultra-responsif dan tahan lama sama seperti pendahulunya.

Ditambah bantalan UA Flow, sepatu ini secara drastis mampu mengurangi berat dan memberi pelari perasaan ringan ketika berlari. Berkat adanya teknologi UA Flow, sepatu ini didesain lebih ringan dengan menghilangkan outsole karet, sehingga mampu menghilangkan bobot 2-3 ons.

Senior Global Product Line Manager for Performance Run at Under Armour Douglas Smiley mengatakan UA FLOW adalah teknologi bantalan yang mengubah berlari dan memperluas kemampuan Under Armour untuk memberikan pengalaman terbaik dan solusi produk kepada pelari.

"Flow Velociti Wind 2 memberikan kecepatan tanpa pengorbanan-menjaga pelari tetap terlindungi, memberikan pengembalian energi yang luar biasa, dan menempatkan angin di punggung mereka dengan setiap langkah, setiap lari, setiap hari," kata Douglas dilansir dari website Under Armour.

Velociti Wind 2 dibekali busa dengan traksi lengket alami, sehingga lapisan besar tradisional di masa lalu tidak diperlukan. UA pun menawarkan energi, konsisten hingga daya tahan bagi penggunanya dan membuat lari semakin menyenangkan.

Bentuknya juga memberikan kenyamanan pada kaki karena adanya rekayasa super inovatif UA Warp yang beradaptasi dengan kaki pelari sepanjang langkah mereka. Fitur ini bekerja layaknya sabuk pengaman pada kaki yang ditempatkan di tempat biomekanis yang paling membantu pelari.

Bahan dari UA Warp juga akan menegang ketika pengguna membutuhkannya dan akan melonggar ketika kaki bersantai. Bagian atasnya juga mampu bergerak serempak dengan kaki. Menjadikan kaki lebih nyaman dan enteng ketika berlari meskipun jarak jauh.

Sepatu ini juga mendukung kegiatan lari dengan fitur barunya yaitu Tatami Stitch Heel, yang menjadi solusi premium dengan adanya sockliner EVA yang dibentuk dengan kenyaman dan ketahanan tambahan serta bantalan yang lebih empuk.

UA Flow Velociti Wind 2 tersedia sekarang di semua Under Armour Brand House di Indonesia.



Simak Video "Lari Sambil Nikmati Keindahan Candi Kuno di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT