ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 17:01 WIB

Intelijen Ukraina Sebut Usia Putin Sisa 2 Tahun Lagi, Bagaimana Kondisinya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Russian President Vladimir Putin listens during a meeting in the Kremlin, in Moscow, Russia, Thursday, Nov. 19, 2020. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP) Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
Jakarta -

Kepala Intelijen Ukraina, Mayor Jenderal Kyrylo O Budanov, memprediksi usia Presiden Rusia Vladimir Putin tinggal tersisa dua tahun imbas mengidap penyakit berat.

Hal itu disampaikannya dalam wawancara yang diterbitkan oleh USA Today pada Sabtu (25/6/2022). Namun, wawancara tersebut tidak menunjukkan Budanov memiliki bukti atas pernyataannya.

"(Putin) tidak memiliki umur panjang di depannya," beber Budanov dikutip dari Newsweek, Senin (27/6).

Dalam kesempatan sebelumnya yakni pada Mei 2022, Budanov menyebut Putin tengah dalam kondisi sangat sakit akibat mengidap kanker dan penyakit lainnya. Kepada Sky News, ia menyebut Putih berada dalam kondisi psikologis dan fisik yang sangat buruk.

Namun pada bulan yang sama, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membantah bahwa Putin sakit. Menurutnya, Putin masih muncul di depan umum setiap hari. Tak lain melalui layar kaca, atau pun dengan berpidato langsung di hadapan khalayak.

"Saya tidak berpikir bahwa orang waras dapat melihat pada seseorang bahwa ini tanda-tanda penyakit atau penyakit tertentu," kata Lavrov selama wawancara dengan TF1.

Dikutip dari Insider, bulan lalu Budanov sempat melaporkan pada Sky News pada Putin mengidap kanker. Kesehatan Putin menjadi sorotan banyak pihak selama beberapa tahun, terutama di beberapa bulan semenjak Rusia menginvasi Ukraina. Kabar bahwa Putin sakit keras beredar dalam beberapa bulan terakhir, namun kabar tersebut tak kunjung terkonfirmasi.

AFP melaporkan, terakhir kali pihak Kremlin mengkonfirmasi bahwa Putin sakit adalah pada 2012 yakni setelah Putin hilang dari pandangan publik dan membatalkan sejumlah pertemuan. Namun beberapa bulan terakhir, Kremlin membantah laporan bahwa Putin tengah berjuang melawan masalah kesehatan serius.



Simak Video "Teknologi Produksi Vaksin Covid-19 Diadaptasi untuk Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT