ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 17:30 WIB

Marshanda Dikabarkan Hilang di AS, Efek Episode Manik Bipolar Berapa Lama?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Marshanda Hidup Sehat, Minum Jus Hijau dan Bikin Susu Almond Sendiri Marshanda dikabarkan menghilang di Amerika Serikat. (Foto: Instagram marshanda99)
Jakarta -

Kabar mengejutkan dari Sheila Salsabila, ia menyebut sahabatnya, Marshanda, menghilang sejak dua hari lalu. Marshanda dikabarkan tidak bisa dihubungi dan kondisi kesehatan mentalnya tengah berada di fase atau episode manik bipolar.

"Lost an Indonesian Citizen for the First Time in Los Angeles, California, US. She is in a Manic Episode. (Psychosis:Altered state of Mind-Bipolar Disorder)," tulis Sheila dalam Instagram Story.

Pengidap bipolar umumnya mengalami kondisi kesehatan mental yang memicu perubahan suasana hati ekstrem. Bisa menjadi sangat sedih atau berada di fase terendah yakni depresi dan sebaliknya yaitu fase manik dan hipomania.

Dalam episode manik, pengidap bipolar bisa merasa sangat bahagia dan bersemangat. Ia bisa saja hanya membutuhkan beberapa jam untuk tidur, atau bahkan tidak tidur sama sekali.

Di fase ini, pengidap bipolar umumnya juga lebih banyak berbicara dibandingkan biasanya. Ia kerap merasa harus melakukan suatu aktivitas dan gelisah saat berdiam diri.

Dikutip dari Cleveland Clinic, pengidap bipolar juga menunjukkan perilaku impulsif yang bisa saja berakhir pada pilihan yang buruk.

Gejala psikotik episode manik yang bisa muncul meliputi:

1. Delusi

Delusi adalah keyakinan atau ide yang salah yang merupakan interpretasi informasi yang salah. Contohnya, pasien bipolar berpikir bahwa semua orang yang mereka lihat, tengah mengikutinya.

2. Halusinasi

Pengidap bipolar juga disebut bisa mengalami halusinasi dalam episode manik. Contohnya saat seseorang mendengar atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak pernah ada.

Berapa lama episode manik bipolar berlangsung?

Tanda-tanda awal seseorang akan memasuki episode fase manik umumnya berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Jika belum menerima perawatan, episode manik terkait bipolar dapat berlangsung antara tiga dan enam bulan. Sementara dengan pengobatan yang efektif, episode manik biasanya membaik dalam waktu sekitar tiga bulan.

BACA JUGA:



Simak Video "Mengenal Fase Manik Bipolar yang Sempat Dialami oleh Marshanda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT