ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 17:51 WIB

Mencegah Digital Amnesia dengan Bijak Menggunakan Teknologi

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Perkembangan teknologi memang membawa dampak positif, terutama dari segi kemudahan dalam mengakses informasi. Namun kemudahan ini juga bisa menimbulkan efek negatif jika penggunaannya terlalu berlebihan.

Tidak sedikit orang yang menggantungkan kebiasaan hidupnya pada teknologi dan internet. Hilang jaringan atau tidak punya kuota rasanya seperti 'neraka' bagi mereka.

Di masa kini muncul istilah digital amnesia, fenomena otak dengan cepat kehilangan kemampuan untuk mengingat karena kita menjadi semakin bergantung pada teknologi untuk mengingat hal-hal kecil.

"Ketergantungan manusia terhadap digital, menggantungkan memori mereka terhadap digitalisasi," beber pakar hipnoterapi Denis Tan saat berbincang dengan e-Life, Jumat (24/6/2022).

Lalu gimana cara mengatasinya?

Denis mengatakan usahakan untuk tidak terlalu bergantung dengan teknologi. Jika biasanya 24 jam melihat gawai untuk mencari informasi, usahakan paksa otak untuk bekerja dulu untuk mengingat hal tersebut.

Selain itu, gunakan gadget dengan bijak. Alokasikan beberapa jam untuk kegiatan lain.

Tergantung dari orang-orang ya, karena kan penggunaannya (setiap orang) relatif. Cuma jangan sampai full day, ada beberapa saat kita musti rest," beber Denis.

"Intinya sih menggunakan dengan bijak," pungkasnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT