ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Jun 2022 21:00 WIB

Ganja Medis Dilegalkan, Adakah Risiko Penyalahgunaan? Begini Pandangan Pakar

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Close Up of a Young Hemp or Marijuana Plant Growing in a Nursery Getting Ready to be Planted in a Field Ganja medis dilegalkan, adakah risiko penyalahgunaan? begini pandangan pakar. Foto: Getty Images/grandriver
Jakarta -

Baru-baru ini sejumlah pihak, mulai dari anggota DPR hingga Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, merespons wacana legalisasi ganja medis dan mendorong adanya kajian tentang ganja medis untuk pengobatan.

Wacana legalisasi ganja medis mulai menjadi perbincangan publik setelah seorang ibu bernama Santi Warastuti beraksi menyuarakan aspirasinya di acara Car Free Day DKI Jakarta. Ia memohon pertolongan ketersediaan ganja medis bagi anaknya, Pika, yang mengidap cerebral palsy atau kelumpuhan otak.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania, menyebut Indonesia memiliki peluang agar ganja medis bisa dilegalkan. Namun menurutnya yang penting dilakukan juga adalah legalisasi penelitian ganja medis.

"Peluang tetap ada tentu saja sedang dikaji, tapi jika dibandingkan dengan negara lain kurang ya. Seperti Malaysia, kayaknya mulai mengarah ke sana, kalau kita masih jauh ke sana. Karena itu regulasi penelitian ganja medis saja belum ada, apalagi regulasi penggunaan ganja medis, itu dulu," jelas dr Inggrid pada detikcom, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, dr Inggrid juga mengingatkan untuk mengkaji regulasi legalitas ganja medis secara ketat. Menurutnya ada dua risiko masalah yang berpeluang muncul, yaitu penyelundupan tanaman ganja dan penyalahgunaan ganja untuk tujuan rekreasi.

"Itu memang regulasinya harus seketat mungkin, jangan sampai ada peluang ganja digunakan untuk rekreasional. Agak sulit memang, karena perlu didahului oleh riset. Jadi kan harus ditanam dulu, apalagi jika produk yang memang ingin dihasilkan asli dari Indonesia. Sehingga misal dihasilkan produk ganja medis asli indonesia, jadi kan harus dimulai dari penanaman," jelas dr Inggrid.

dr Inggrid meminta pemerintah untuk menutup peluang penyalahgunaan ganja dengan terus mengawasi jalannya regulasi di lapangan.

"Tugas pemerintah adalah penanaman ini gimana caranya cuma untuk ganja medis, jangan ada peluang penyelundupan atau pemakaian rekreasional. Memang harus ketat dan terutama di lapangannya harus benar, karena ini yang jadi masalah terbesar di Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Alasan Terkuat MK Tolak Legalisasi Ganja Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya