ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 07:30 WIB

PMK Masih Mewabah Jelang Idul Adha, Ini Tips Aman Konsumsi Daging

Firdaus Anwar - detikHealth
Sapi perah diprioritaskan Pemkot Sukabumi untuk disuntik vaksin PMK. Hal itu dilakukan untuk pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kaki pada hewan ternak. PMK masih mewabah jelang Idul Adha, ini tips aman konsumsi daging (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Jakarta -

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih menyerang hewan ternak di beberapa daerah Indonesia menjelang Idul Adha 2022. Berdasarkan data dari laman Siagapmk.id per Selasa (28/6/2022), sudah ada 285.833 kasus PMK yang tersebar di 19 provinsi.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Erni Juwita Nelwan, SpPD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengungkap penularan PMK pada manusia sebetulnya bisa terjadi. Namun, sulit untuk menimbulkan efek sakit. Mengutip jurnal Pubmed, ia menegaskan kasus PMK pada manusia terakhir dicatat 1966 silam.

"Ada implikasi, tapi bukan ancaman yang menakutkan. Jadi ada risiko paparan, Kalau untuk penyakit PMK terhadap orang-orang yang kontak, tidak 0 persen, memang bisa terjadi. Kita bisa terinfeksi tetapi tidak sakit," beber dr Erni dalam webinar beberapa waktu lalu.

"Kalau pada orang-orang yang peternak, dia mengalami gejala ringan dan sifatnya self limiting, sembuh sendiri," sambung dia.

Cara paling aman mengonsumsi daging di tengah kekhawatiran PMK adalah memastikan mengolah daging dengan benar dalam waktu dan suhu yang tepat. Sebagai contoh:

  1. Daging yang dibeli dari pasar atau supermarket langsung dimasak, didihkan (tanpa dicuci)
  2. Dipanaskan atau dimasak hingga suhu di dalam daging minimal 70 derajat Celcius selama 30 menit


Simak Video "Ini Tata Cara Vaksinasi PMK"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya