ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 08:00 WIB

Bukan LGBT, WHO Beberkan 3 Kelompok Paling Berisiko Cacar Monyet

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Geneva, Switzerland - December 03, 2019: World Health Organization (WHO / OMS) Logo at WHO Headquarters Bukan LGBT, WHO beberkan 3 kelompok paling berisiko cacar monyet (Foto: Getty Images/diegograndi)
Jakarta -

Tak hanya kelompok LGBT, penyakit cacar monyet bisa menyerang siapa saja dan berbagai usia. Apalagi, cacar monyet diketahui dapat menular melalui kontak erat, sentuhan kulit, hubungan seksual hingga melalui cairan.

Meskipun semua orang beresiko tertular, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada tiga kelompok orang yang paling rentan tertular cacar monyet. Kelompok ini harus menjaga diri sebaik mungkin karena menjadi yang paling berisiko.

"Saya khawatir tentang penularan yang berkelanjutan ini karena virus telah berkembang dan menunjukkan dirinya dapat berpindah ke kelompok berisiko tinggi," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari situs resmi WHO, Kamis (30/6/2022).

Lebih lanjut dalam keterangannya, terdapat tiga kelompok yang paling berisiko terinfeksi cacar monyet yakni:

  • Anak-anak
  • Ibu hamil
  • Kelompok dengan gangguan kekebalan (immunocompromised)

"Saat ini kami mulai melihat beberapa anak sudah terinfeksi (cacar monyet)," lanjut keterangan Tedros.

Menurut data WHO, sudah ada lebih dari 3.400 kasus cacar monyet dengan satu kematian sejak wabah terdeteksi pada awal Mei lalu. Sebagian besar kasus terjadi di Eropa dan ditemukan pada pria yang berhubungan seks dengan sesama.

Pada pekan lalu, WHO memutuskan bahwa cacar monyet tidak termasuk dalam kondisi darurat kesehatan masyarakat. Namun pihaknya meminta tiap negara untuk tetap menerapkan kewaspadaan tinggi.



Simak Video "Kelompok yang Direkomendasikan WHO Dapat Vaksinasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya