Cuci Vagina Usai 'Keluar di Dalam', Masih Bisa Hamil Nggak Dok?

ADVERTISEMENT

Konsultasi Kesehatan

Cuci Vagina Usai 'Keluar di Dalam', Masih Bisa Hamil Nggak Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 30 Jun 2022 09:04 WIB
ilustrasi sperma
Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok saya ingin bertanya.

Setelah berhubungan intim bila sperma dikeluarkan di dalam, tapi terus vagina itu dibilas pakai tangan dan air, apakah masih bisa terjadi kehamilan?

MR (Pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Kehamilan bisa terjadi bila sperma yang subur bertemu dengan ovum atau sel telur yang baik. Terjadi pembuahan yang kemudian embrio akan tumbuh di rahim yang sehat.

Apakah vagina yang dicuci dengan air bisa mencegah kehamilan? Tidak ada bukti ilmiahnya. Selama ada satu sperma saja yang ketemu dengan ovum sehat maka itu bisa terjadi kehamilan.

Bahkan meski misalnya tidak ada penetrasi, sperma dikeluarkan 'di luar', tapi cairan itu masuk ke leher rahim dan bertemu ovum di masa subur itu juga akan terjadi kehamilan.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder and CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT