ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 12:33 WIB

Catat! Hadiri Acara Besar Wajib Booster COVID-19, Begini Ketentuannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pemerintah terus mengebut vaksinasi booster untuk mengendalikan pandemi Corona. Saat ini posko yang terus sibuk melayani warga berada di Taman Swakarsa Pondok Kelapa, Jaktim. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menyikapi kenaikan kasus COVID-19 di RI kini imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5, pemerintah mewajibkan vaksinasi COVID-19 booster atau dosis ketiga untuk warga yang hendak mendatangi acara keramaian. Seperti apa syaratnya?

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto. Menurutnya, hal tersebut telah ditetapkan oleh Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19.

"Satgas sudah mengeluarkan Surat Edaran bahwa untuk kegiatan keramaian itu wajib dosis ketiga. Jadi dikaitkan dengan izin keramaian," beber Airlangga dalam Keterangan Pers Menteri Terkait Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin (4/7/2022).

Diperuntukkan Acara dengan Lebih dari 1.000 Pengunjung

Dalam kesempatan sebelumnya, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa kini warga yang hendak mendatangi acara dengan jumlah pengunjung lebih dari 1.000 orang harus divaksin COVID-19 booster. Khususnya, untuk warga berusia 18 tahun ke atas.

"Ketentuan khusus untuk pelaksanaan acara besar di mana peserta melebihi 1.000 orang yaitu kewajiban sudah divaksinasi booster bagi usia 18 tahun ke atas dan vaksiasi dosis lengkap untuk usia 6-17 tahun," ujar Prof Wiku dalam siaran langsung 'Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia per 1 Juli 2022', Jumat (1/7).



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Respons Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT