ADVERTISEMENT

Senin, 04 Jul 2022 16:16 WIB

Vaksin COVID-19 Bakal Lanjut Booster Sampai Dosis Berapa? Ini Saran IDI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ketua Umum PB IDI Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi. (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi buka suara perihal kemungkinan vaksinasi COVID-19 booster bakal dilanjutkan ke dosis keempat. Ia tidak menutup kemungkinan pemberian vaksin COVID-19 bakal menjadi vaksin rutin seperti jenis vaksin lain.

Meski begitu, Adib menekankan hal itu bergantung pada perkembangan situasi COVID-19 di masa mendatang. Termasuk 'ketahanan' antibodi di masyarakat pada COVID-19.

"Karena kita belum tahu kasus ini selesai atau masih berlangsung terus sehingga vaksin ini akan menjadi satu dasar upaya untuk melindungi kita," bebernya, saat ditemui di Pullman Hotel, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2022).

Ia lalu memberikan contoh seperti vaksin haji hingga vaksin hepatitis yang diberikan secara rutin menjadi upaya dasar bersama melindungi diri dari kasus bergejala berat.

"Seperti vaksin-vaksin lain, ada hepatitis, atau vaksin untuk berangkat haji itu kan jadi satu hal yang saya kira ini juga sembari kita lihat perkembangan," terang dia.

"Termasuk kemungkinan munculnya beberapa kasus yang akan terjadi terkait COVID-19, bukan tidak mungkin vaksin ini akan menjadi satu upaya, kemudian jadi rutin dalam satu periode tertentu untuk diberikan," pungkas dia.



Simak Video "Inggris Jadi Negara Pertama yang Setujui Vaksin Khusus Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT