ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 12:30 WIB

Jabodetabek PPKM Level 2 Jelang Idul Adha, Kapasitas Tempat Ibadah Dibatasi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Hari Raya Idul Adha tahun ini bertetapan dengan penerapan PPKM Darurat di sejumlah daerah RI. Guna cegah Corona, pembagian daging kurban terapkan prokes ketat. Jabodetabek PPKM level 2 jelang idul adha, kapasitas tempat ibadah dibatasi. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menjelang Idul Adha 2022 yang ditetapkan pemerintah pada 10 Juli mendatang, wilayah Jabodetabek kembali memasuki PPKM Level 2.

Keputusan ini tercantum dalam dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Disebutkan, pada PPKM Level 2 tempat ibadah dapat mengadakan kegiatan peribadatan atau keagamaan berjamaah dengan maksimal 75 persen kapasitas dan menerapkan protokol kesehatan.

"Tempat ibadah (masjid, mushola, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan atau keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 2 (dua) dengan maksimal 75 persen (tujuh puluh lima persen) kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama," tertulis dalam Inmendagri tersebut, dikutip detikcom, Selasa (5/7/2022).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Idul Adha tetap digelar dengan mengikuti protokol kesehatan, terutama dengan memperhatikan penggunaan masker sesuai kondisi pelaksanaan Idul Adha.

"Untuk Idul Adha karena memang momentum gerakan ekonominya lagi jalan nih, dan kita lihat kenaikan kasusnya masih terkendali, pesannya sama seperti kepada masyarakat tadi. Pesannya maskernya kalau di dalam ruangan dipakai, kalau di luar boleh buka asal kalau kerumunan atau lagi sakit itu dipakai," ucap Menkes Budi dalam konferensi pers, Senin (4/7).

"Kemudian cepat booster, InsyaAllah itu respons yang cukup untuk menghadapi Idul Adha dengan normal, karena sama seperti Idul Fitri juga kan kita Alhamdulillah bisa melewatinya juga dengan normal," pungkasnya.



Simak Video "Inggris Jadi Negara Pertama yang Setujui Vaksin Khusus Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT