ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 09:01 WIB

Konsultasi Kesehatan

Benarkah Terlalu Sering Masturbasi Bisa Sebabkan Susah Hamil Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya ingin bertanya...

Jika seorang wanita sering melakukan masturbasi, apakah akan berefek pada kesehatan Miss V-nya (vagina) dan apakah menjadi penyebab susah untuk hamil?

KE (Wanita, 35 tahun)

Jawaban:

Masturbasi bagi wanita secara umum tidak akan bermasalah dengan kesehatan dan kesuburan. Aktivitas ini akan berefek pada kesehatan vagina bila dilakukan menggunakan tangan atau alat yang tidak bersih. Misalnya sampai teriritasi, memasukkan sesuatu ke dalam vagina, menggunakan zat atau benda-benda yang kotor, atau dapat merusak organ reproduksi.

Bila infeksi dan komplikasi terjadi, kemudian mengganggu vagina atau rahim, bahkan organ reproduksi, maka ini akan berisiko pada kesuburan. Sering melakukan masturbasi juga dapat membuat perasaan intimasi (keintiman) terhadap pasangan menjadi kurang diperlukan, karena sendiri pun sudah merasa nikmat.

Bila masturbasi dilakukan oleh seseorang yang sudah berpasangan suami istri, ini bisa dilakukan bersama hingga intimasi suami istri masih terjaga. Bagi yang belum berpasangan, dipertimbangkan juga untuk melakukan aktivitas lain untuk mengisi waktu. Sehingga tidak berfokus pada masturbasi saja.

dr Eddy Wiria, PhD
Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT