ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 10:53 WIB

Asosiasi Medis Dunia Hanya Akui IDI Satu-satunya Organisasi Dokter di RI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut asosiasi medis sedunia atau World Medical Association (WMA) mengakui IDI sebagai satu-satunya organisasi profesi medis di Tanah Air. Hal tersebut disampaikan dalam agenda International Code of Medical Ethics (ICoME) yang membahas mengenai standarisasi etik kedokteran dan profesionalisme.

"IDI merupakan salah satu anggota yang penting bagi kami. Saat ini, kami di WMA hanya mengakui IDI sebagai organisasi profesi medis sebagai perwakilan dari Indonesia," kata Sekjen WMA, dr Otman Kloiber, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (6/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dr Otman juga menyinggung organisasi profesi harus tunggal karena menyangkut standarisasi etik kedokteran demi keselamatan pasien dan masyarakat, juga serta dokter. Selama 70 tahun, IDI disebut berkiprah besar dalam merumuskan kode etik kedokteran dunia.

Sebagai salah satu anggota WMA, IDI juga dilibatkan dalam penyusunan revisi kode etik kedokteran internasional.

Ketua Umum PB IDI, dr Adib Khumaidi, SpOT, mengatakan IDI juga terus berusaha memperbaiki diri seraya menjadi mitra sinergis bagi pemerintah dan berbagai pihak untuk mewujudkan transformasi sistem kesehatan nasional.

"Kami selalu siap mendukung perubahan kearah yang lebih baik," pungkas dr Adib.

(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT