ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 11:30 WIB

Bakal Jadi Syarat Beraktivitas Nih, Sudah Vaksinasi Booster Belum?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Warga permukiman padat Sunter Agung antusias ikuti vaksinasi booster saat Ramadan. Diketahui, vaksin booster jadi syarat untuk warga yang hendak mudik lebaran. Vaksinasi COVID-19 booster akan menjadi syarat sejumlah aktivitas seperti masuk mal dan melakukan perjalanan. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah mengisyaratkan akan mewajibkan vaksinasi booster untuk kegiatan publik. Dalam dua pekan ke depan, vaksin booster atau dosis ketiga akan menjadi syarat mulai dari masuk mal sampai bepergian.

"Pemerintah akan kembali menerapkan kebijakan insentif dan disinsentif dengan kembali mengubah dan memberlakukan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat mobilitas masyarakat ke area publik," beber Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangannya dikutip dari AntaraNews, Selasa (5/7/2022).

Ungkapan senada juga sempat dilontarkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Ia menyebut salah satu cara menaikkan capaian vaksinasi adalah menjadikannya syarat perjalanan dan masuk masuk ke ruang publik.

Capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga di Indonesia memang cenderung rendah. Data dari Kemenkes per Rabu (6/7), baru sekitar 24,58 persen dari target atau 51 juta orang.

Minat masyarakat untuk vaksinasi booster cenderung rendah dilatarbelakangi banyak hal. Seperti Riza (38), mengatakan belum minat booster karena belum dibutuhkan sebagai syarat.

"Karena waktu itu aku lagi sakit pas ada jadwal booster. terus kata suami juga (booster) nggak perlu banget buat sekarang," bebernya.

Gimana nih detikers terkait syarat booster beraktivitas? Sudah vaksinasi booster atau belum?



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Respons Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT