Balik Lagi! Jabodetabek PPKM Level 1, Cek Aturan Lengkapnya di Sini

ADVERTISEMENT

Balik Lagi! Jabodetabek PPKM Level 1, Cek Aturan Lengkapnya di Sini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 06 Jul 2022 14:15 WIB
DKI Jakarta kini turun menjadi PPKM level 1. Penurunan status itu berarti ada sejumlah aturan yang berubah, salah satunya terkait aturan work from office (WFO).
Jabodetabek PPKM level 1 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pada hari ini, Rabu (6/7/2022), pemerintah resmi mengganti status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) di Jabodetabek setelah sehari sebelumnya, Selasa (5/7) masuk level dua. Kini wilayah Jabodetabek PPKM level 1.

Adapun aturan terbaru tersebut tertuang dalam Inmendagri Nomor 35 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1 (satu) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," demikian bunyi keterangan dari Inmendagri tersebut. Simak berikut ini terkait aturan PPKM terbaru.

Aturan Jabodetabek PPKM Level 1

Sekolah PTM/PJJ

Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 1140/ 2022, Nomor 420-1026 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19);

WFO 100 Persen

Aturan Jabodetabek PPKM level 1 juga memberlakukan kegiatan pada sektor non esensial beroperasi maksimal 100 persen bekerja dari kantor (WFO). Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai pintu akses basuk dan keluar, serta wajib sudah divaksin.

Supermarket, Pasar Tradisional, Swalayan

Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas pengunjung 100 persen.

Supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang dimulai sejak tanggal 14 September 2021, serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Apotek 24 Jam

Jabodetabek PPKM level 1 memperbolehkan apotek dan toko obat buka selama 24 jam.

Restoran hingga Kafe

Restoran dan kafe yang berada dalam gedung/toko atau area terbuka, baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun berlokasi di mal, diizinkan buka sampai pukul 22.00 WIB waktu setempat dengan kapasitas sebanyak 100 persen. Begitu juga untuk restoran hingga kafe yang buka pada pukul 18.00, diperbolehkan buka sampai pukul 02.00 dengan kapasitas maksimal 100 persen.

Gym, Ballroom, Ruang Rapat

Jabodetabek PPKM level 1 memberlakukan gym, ballroom, maupun ruang rapat beroperasi dengan kapasitas 100 persen, serta memakai aplikasi PeduliLindungi. Penyediaan makanan dan minuman pada fasilitas ruang rapat diizinkan hidangan prasmanan.

Mal

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 100 persen sampai pukul 22.00 waktu setempat. Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Selain itu, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan syarat menunjukkan bukti vaksinasi lengkap khusus untuk setiap anak usia 6 sampai dengan 12 tahun. Wajib juga menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan hanya pengunjung kategori Hijau yang boleh masuk kecuali alasan kesehatan.

Transportasi umum

Jabodetabek PPKM level 1 memberlakukan transportasi umum, seperti angkutan massal, taksi, dan lainnya dengan kapasitas maksimal 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.



Simak Video "Kemenkes Sebut Kemungkinan PPKM Jabodetabek Turun ke Level 1"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT