ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 12:00 WIB

Bukan Cuma Jarum Pentul, Benda Ini Juga Pernah Nyangkut di Saluran Napas

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
macrophotography of pins on a glass table with sphere shaped colorful glass heads Foto: Getty Images/iStockphoto/Carmen Hauser
Jakarta -

Benda asing dapat masuk ke dalam mulut baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Terkadang, benda asing tersebut bisa saja tersangkut di saluran pencernaan ataupun saluran pernapasan.

Berbagi pengalaman, seorang dokter di RS Paru Persahabatan baru saja menangani kasus seorang gadis asal Depok, Jawa Barat, berusia 19 tahun yang tersedak jarum pentul saat sedang memakai hijab.

"Saat itu dia sedang memperbaiki hijabnya, dan menggigit jarum pentulnya di mulut. Ini sering kali terjadi," kata KSM Paru, Divisi Pulmonologi Paru dan Gawat Darurat Napas RSUP Persahabatan dr Mohammad Fahmi SpP(K) dalam konferensi pers, Kamis (7/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dr Fahmi juga memberi peringatan terkait beberapa benda asing yang rentan masuk mulut dan mudah membuat orang tersedak. Seperti:

  • Jarum pentul besar
  • Jarum pentul kecil
  • Gigi palsu
  • Kacang
  • Sisa-sisa permen
  • Tutup bolpoin bagian belakang

Menurut dr Fahmi, pengangkatan benda asing yang masuk ke dalam mulut, kasusnya terbilang cukup sering. Bahkan, ia pernah melakukan prosedur pembedahan lantaran seorang pasien menelan jarum pentul ukuran kecil dan tidak merasakan keluhan.

"Pengangkatan benda asing itu kasusnya cukup banyak, mungkin rata-rata satu bulan satu atau terkadang lebih kasusnya yang dirujuk ke RS Persahabatan," ujarnya.



Simak Video "Fetish Kadang Bisa Berbahaya, Bagaimana Menyembuhkannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT