ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 13:01 WIB

Miris! Banyak WC di Indonesia Buang Limbah Septic Tank ke Sungai

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi toilet Ilustrasi toilet. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sistem sanitasi terburuk. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia menempati urutan ketiga sanitasi terburuk dan tak layak di dunia setelah India dan China pada tahun 2017.

Bahkan menurut mantan dokter okupasi yang sempat berpraktik di Klinik dan Rumah Sakit Bank Mandiri, dr Rudy Wahyu MKK, MBA, sekaligus CEO Jamban.id, sampai saat ini masih sering ditemukan masyarakat atau saluran toilet yang membuang kotorannya ke sungai.

"Karena kita banyak menemukan, di masyarakat itu setelah WC atau sepiteng disedot, tapi kotorannya malah dibuang ke sungai itu kan miris ya, sama aja kalau begitu," tuturnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (7/7/2022).

"Banyak yang sudah disedot pake sedot WC tapi dibuang ke sungai. Kan sama aja bohong ya, sudah disediakan toilet, dikumpulkan, abis itu dibuang ke sungai juga. Nah itu angka terakhir, kalau bisa dicek di UN Water dan Unicef itu 70 persen masih dibuang ke sungai, itu di Indonesia saja," katanya lagi.

Hal ini tentunya bisa memicu sejumlah dampak buruk yang berisiko terhadap lingkungan maupun manusia, seperti air tercemar, menimbulkan banyak penyakit, dan lainnya. Oleh karena itu, dr Rudy mengungkapkan limbah seharusnya dibuang oleh perusahaan terdaftar dan dibawa ke IPLT (instalasi pengolahan air limbah) untuk dikelola.

"Limbahnya dibuang oleh perusahaan terdaftar dan dibawa ke IPLT, jangan sampai dibuang ke sungai lagi," tuturnya.



Simak Video "Virus Polio Muncul Lagi di London hingga New York"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT