ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 20:30 WIB

Mengenal Prosedur Operasi Leher Angkat 'Khodam' Lucinta Luna

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Momen Lucinta Luna Makan dengan Kepala Diperban Usai Operasi Ganti Kepala Foto: Instagram lucintaluna_manjalita/TikTok lucintaluna12
Jakarta -

Lucinta Luna kembali menjalani operasi plastik di Korea Selatan. Kali ini, ia melakukan operasi di bagian lehernya untuk mengangkat suara 'khodam' atau jakun.

"Yang pada nanya Ratu habis operasi apa? Pemotongan leher pembuangan khodam dan operasi bedah wujud," tulis Lucinta Luna di akun Instagramnya.

Lewat media sosialnya, Lucinta Luna mengeluhkan rasa sakit. Ia juga tidak dibolehkan berbicara selama dua minggu.

Diketahui, prosedur yang dilakukan adalah chondrolaryngoplasty (pengurangan tulang rawan tiroid) atau tracheal shave. Ini biasanya dilakukan oleh transpuan untuk menghilangkan suara beratnya.

Apa Itu Prosedur Tracheal Shave?

Dikutip dari Healthline, tracheal shave adalah jenis operasi feminisasi wajah yang biasa disebut sebagai operasi pengecilan jakun. Ini dilakukan untuk mengurangi ukuran tonjolan laring (jakun/adam's apple) yang terletak di atas kelenjar tiroid di tengah tenggorokan.

Selama prosedur ini, tulang rawan tiroid dikeluarkan dari bagian depan laring. Fungsi tulang rawan tiroid ini adalah untuk melindungi pita suara dari kerusakan atau ketegangan.

Seperti Apa Prosedurnya?

Sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan mengevaluasi secara medis dan meminta pasien melakukan beberapa tes diagnostik untuk memastikan kesehatannya. Misalnya elektrokardiogram (EKG), tes darah, serta obat-obatan atau suplemen yang dijual bebas yang dikonsumsi.

Sebelum Prosedur

Sebelum prosedur dilakukan, pasien diminta berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan pendarahan atau pembekuan darah. Dokter juga meminta pasien untuk berhenti merokok atau vape setidaknya beberapa hari sebelum operasi. Bahkan memberikan instruksi tertulis tentang kapan harus berhenti makan dan minum sebelum operasi dilakukan.

Selama Prosedur

Tracheal shave biasanya dilakukan dengan anestesi umum. Prosedur ini berjalan sekitar 30 menit hingga satu jam.

Dokter bedah akan membuat sayatan horizontal kecil di bawah dagu atau rahang, di lipatan kulit. Ini memastikan agar bekas lukanya tidak akan terlihat di kemudian hari.

Sebuah kamera kecil dimasukkan ke dalam sayatan, yang digunakan untuk menemukan tulang rawan tiroid dan pita suara. Tulang rawan tiroid dan batasnya akan dicukur, dan dibuang. Ini dilakukan dengan sangat hati-hati, agar tidak menyentuh pita suara. Setelah selesai, sayatan akan dijahit tertutup.

Setelah Prosedur

Pasien akan dibawa ke ruang perawatan dan dipantau dalam jangka waktu tertentu sebelum dipulangkan. Jika pasien memiliki beberapa prosedur feminisasi wajah lainnya, kemungkinan akan diminta untuk dirawat di RS.

NEXT: Proses Pemulihan dan Efek Samping Prosedur Tracheal shave

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT