ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Jul 2022 13:00 WIB

Kronologi Wanita 20 Tahun Kena Tumor Otak, Gejala Awal Sering Migrain

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Seorang wanita asal Jakarta Barat mengaku terkena tumor otak. Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Wanita di Jakarta Barat belakangan viral menjadi sorotan usai mengaku dirinya terkena tumor otak. Adalah Elva Franziska yang baru berusia 20 tahun.

Ia menceritakan awal mula terkena tumor otak dalam akun TikTok pribadinya @franziskaelva_. Keluhan pertama yang muncul adalah migrain di kepala bagian kiri, gejala tersebut terus menetap hingga rasa sakit menjalar ke leher.

"(Leher) itu kerasanya keras banget kaya orang salah bantal gitu, abis itu aku mikir karena salah bantal okelah aku coba urut," tutur Elva.

Setelah tiga kali diurut, kondisinya tidak berangsur membaik, sehingga ia pergi ke dokter umum. "Dokternya bilang itu cuman salah bantal aja, jadi yaudah dong aku cuman nunggu aja nih kayaknya kalau salah bantal mah nggak akan lama, tapi yang aku rasain itu 3 sampai 4 bulan setiap hari non-stop," terang dia.

Tak kunjung ada perbaikan, ia berusaha mengonsumsi sejumlah obat pereda nyeri kepala. Namun, tetap saja keluhan tersebut selalu muncul. Suatu hari, rasa nyeri diakui Elva sudah tidak tertahankan hingga dirinya muntah berkali-kali dan kembali dibawa ke dokter.

Di momen yang sama, Elva menyebut beberapa kali merasa kehilangan pandangan. Bahkan, saat menutup sebagian matanya, misalnya mata kiri, penglihatan mata kanan mendadak gelap, begitu sebaliknya.

"Benar-benar hitam," cerita dia.

Atas keluhannya itu, Elva mendatangi dokter saraf dan dokter mata untuk melakukan pemeriksaan. Dokter mata kala itu menyebut Elva perlu melakukan MRI untuk melihat kondisi otak.

"Nah habis dari situ dokter matanya bilang kamu nggak ada minus, nggak ada silinder, makin panik dong, habis itu langsung dirujuk lah ke dokter saraf lagi, akhirnya dia kaya ada curiga nih di kepala aku ada sesuatu," katanya.

"Akhirnya nyuruh aku MRI, scan kepala, jadi aku di-scan kepala nunggu beberapa hari dan tanpa obat yah, tanpa obat , selama tanpa obat itu kaki aku bengkak gede banget, nggak bisa jalan nggak bisa ditekuk nggak bisa duduk sama sekali," sambungnya lagi.

Hasil MRI menyatakan Elva didiagnosis tumor otak dan membutuhkan operasi lantaran tumor yang berkembang sudah cukup besar. Tidak disebutkan apakah tumor yang berkembang termasuk ganas maupun jinak, tetapi Elva menyebut kemungkinan pemicunya juga dipengaruhi faktor gaya hidup atau kebiasaan buruk.



Simak Video "Marshanda Idap Tumor Payudara, Kini Jalani Pengobatan di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT