ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 18:22 WIB

Terlanjur Kalap Makan Daging Kurban, Harus Bagaimana? Begini Kata Dokter Gizi

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Ahli gizi masyarakat, dr Tan Shot Yen menegaskan masyarakat sebaiknya tidak berpikir kolesterol tinggi akibat kalap daging kurban bisa langsung diatasi. Alih-alih demikian, sedari awal publik seharusnya mengetahui cara efektif mencegah risiko kolesterol.

"Kalau seandainya kita sudah makan daging, sudah kadung, sudah kalap makan sate 20 tusuk ditambah dengan sop kambing ditambah nyicipin gulai, satu hal yang perlu Anda pikirkan, yang namanya kira-kira antidotnya, jujur nggak ada," terang dia dalam e-Life, Jumat (8/7/2022).

"Karena badan kita nggak bisa digituin, not even aduh kalau gitu gue siap-siap deh minum dua atau tiga butir obat kolesterol seklaigus, badan Anda nggak bisa dimanipulatif seperti itu," sambungnya.

dr Tan berpesan, sejak awal menerima daging kurban, masyarakat seharusnya bisa membagikan seluruh daging yang diterima dalam beberapa porsi. Misalnya, satu porsi untuk diolah menjadi sop kambing, porsi lain diolah untuk tongseng, dan lain sebagainya.

Mengutip sejumlah penelitian, daging merah disebutnya aman disimpan dalam freezer selama lebih dari tiga bulan dengan suhu konsisten di minus 25 derajat Celcius.

"Nah sekarang setelah kelar Idul Adha-nya, Anda bisa makan secukupnya, yang paling penting kembali ke pola hidup sehat dan seimbang, kita mempunyai di Indonesia istilah jargon 4 pilar gizi seimbang," terang dia.

Pertama, pastikan mengonsumsi makanan beragam yakni tidak hanya protein tetapi ditambah dengan sayur-sayuran. Kemudian, usahakan selalu memperbaiki aktivitas fisik seperti olahraga.

Satu hal yang menjadi catatan dr Tan, olahraga sebaiknya dilakukan secara konsisten, bukan sebagai ajang 'balas dendam' yang dilakukan setelah menyantap porsi daging berlebihan. Hal lain yang tidak kalah penting adalah rutin mengecek kesehatan, dr Tan menegaskan hindari untuk 'memvonis' kondisi diri sendiri tanpa pemantauan dokter.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT