ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Jul 2022 11:32 WIB

Lucinta Luna 'Gergaji' Rahang, Profesor Bedah Plastik Jelaskan Prosesnya

Alethea Pricila - detikHealth
Cerita Lucinta Luna gergaji rahang. Lucinta Luna pasca 'gergaji' rahang. (Foto: Tangkapan layar TikTok Lucinta Luna)
Jakarta -

Akhir-akhir ini, publik kembali diramaikan dengan postingan akun tiktok milik Lucinta Luna (@lucintaluna) yang mengabarkan bahwa ia akan melakukan operasi rahang. Dalam postingan tersebut terlihat muka Lucinta yang bengkak dan lebam pascaoperasi.

Seperti diketahui, Lucinta Luna sebelumnya lebih dulu menjalani operasi jakun untuk menghilangkan 'khodam', dilanjut dengan operasi tulang ekor, sampai akhirnya 'gergaji' rahang.

Seperti apa sih prosedur 'gergaji' rahang yang dilakukan Lucinta Luna?

Profesor bedah plastik David S Perdanakusuma, SpBP-RE(K) menjelaskan operasi rahang dalam istilah medis dinamakan orthognathic surgery, yakni operasi yang ditujukan untuk mengatur posisi rahang. Tak hanya rahang bagian atas, tetapi rahang bagian bawah.

"Ada yang dimajukan, dimundurkan, dan dipotong untuk mendapatkan kontur yang diharapkan. Jadi misal (rahang) terlalu melebar, atau kotak, ingin dibuat tirus, bisa tulang dipotong atau otot ditipiskan," jelas Prof David dalam wawancara e-Life detikcom, Jumat (15/7/2022).

"Prosedur ini sebenarnya simpel, tinggal tulang yang berbentuk tidak diinginkan itu diidentifikasi, kemudian dipotong sesuai kebutuhan," sambung dia.

Beberapa bentuk rahang bisa 'dipangkas' atau bahkan ditambahkan, agar mendapatkan hasil yang dinilai lebih baik dari sebelumnya.

"Ada satu kata kunci, akan mendapatkan nilai tambah lebih bagus dari sebelumnya," pungkas dia.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT