ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Jul 2022 18:30 WIB

Viral di TikTok Bayi Kembar Punya Tonjolan di Pusar, Kondisi Apa Itu?

Alethea Pricila - detikHealth
Feet of Newborn Baby Twins Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta -

Para pengguna Tiktok kembali dibuat heran dengan kondisi sepasang bayi kembar yang memiliki tonjolan di perutnya. Hal ini bermula ketika pemilik @twinangel022 mengunggah aktivitas kedua bayi tersebut.

Ternyata, tonjolan tersebut disebut dengan umbilical hernia. Apa itu umbilical hernia?

@twinangels022 Reply to @tishsalon it's a belly button #2angels022 #foryou ♬ Roju - chike

Umbilical hernia merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika usus atau jaringan lemak mendorong melalui titik lemah di bagian dinding perut yang berada dekat pusar.

Kondisi ini merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi. Saat seseorang sedang hamil, tali pusar terhubung ke otot perut bayi melalui lubang kecil. Biasanya, lubang tersebut akan tertutup ketika bayi sedang lahir. Jika tidak, celah yang tersisa disebut umbilical hernia.

Umumnya, sebelum tali pusar terlepas, tonjolan tersebut bisa dilihat ketika bayi sedang menangis dan akan semakin terlihat jelas ketika tali pusar tersebut sudah terlepas. Namun banyak juga kasus tonjolan tersebut tidak bisa dilihat tetapi dapat dirasakan.

Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena umbilical hernia pada bayi akan menghilang secara alami pada saat anak berusia 4 atau 5 tahun. Namun jika tidak, akan ada kemungkinan untuk dilakukan operasi.

Dikutip dari Web MD, operasi umbilical hernia membutuhkan waktu pemulihan tergantung pada ukuran dan seberapa sulit operasi tersebut. Biasanya seseorang diperbolehkan pulang pada hari yang sama ketika melakukan operasi.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT