ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 09:01 WIB

Konsultasi Kesehatan

Orangtua Sakit Jantung Gegara Gaya Hidup, Bisa Jadi Penyakit Turunan Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok, saya ingin bertanya...

Jika orang tua mengidap penyakit jantung yang disebabkan faktor gaya hidup, bukan genetik, apakah bisa menurun ke keturunannya juga?

Apakah itu berlaku untuk keturunannya yang lahir setelah orang tuanya mengidap penyakit jantung?

Zidan (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Sebelumnya, saya ingin menjelaskan, berikut ini faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung antara lain: hipertensi, diabetes, dislipidemia (kolesterol), merokok, dan genetik (turunan), semua itu berkaitan dengan pola hidup.

Jadi, jika seseorang terkena penyakit jantung karena pola hidup, sebenarnya secara genetik sudah termasuk rawan, dan diperparah dengan pola hidupnya, sehingga penyakit jantung tetap diturunkan secara genetik.

Namun demikian, meski ada faktor risiko penyakit jantung karena keturunan, tetap dapat dicegah dari terkena penyakit jantung dengan menerapkan pola hidup yang sehat sesuai anjuran dokter.

Sebaiknya, konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Lakukan pemeriksaan berkala kesehatan jantung, apabila Anda memang sudah ada faktor risiko genetik penyakit jantung. Ini dilakukan agar risiko penyakit jantung tersebut dapat dicegah.

dr Teuku Istia Muda Perdan, SpJP

Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT