ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 21:45 WIB

4 Obat Gusi Bengkak Alami, Bisa Redakan Bengkak dalam Sekejap

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background Obat gusi bengkak alami untuk redakan sakit gusi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada sejumlah obat gusi bengkak alami yang aman dan bisa dicoba di rumah. Mengingat gusi bengkak merupakan kondisi yang sangat mengganggu aktivitas. Masalahnya bukan hanya bikin mulut terasa nyeri nyut-nyutan, tetapi juga seseorang juga bisa kesulitan mengkonsumsi makanan dan minuman.

Bahkan bicara pun jadi terasa sulit karena bengkak pada gusi bergesekan dengan pipi dalam. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh beberapa makanan, seperti makanan yang mengandung gula tinggi, minuman yang memiliki sifat asam, hingga makanan dengan tekstur lengket. Oleh karena itu, gusi bengkak tidak boleh disepelekan dan harus segera diatasi sebelum terlambat.

Obat Gusi Bengkak Alami

Dikutip Medical News Today, berikut beberapa obat gusi bengkak alami yang bisa dicoba di rumah, efektif meredakan bengkak dalam sekejap.

1. Air garam

Obat gusi bengkak alami yang pertama adalah air garam. Air ini sering digunakan untuk berbagai macam pengobatan mulut, dan terbukti ampuh untuk melawan bakteri. Kandungan dalam larutan air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan gusi.

Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian aduk hingga larut, gunakan untuk kumur dengan durasi waktu secukupnya. Ulangi kumur hingga tiga kali sehari untuk hasil yang baik.

2. Kantong teh

Tak disangka bahwa ampas yang terdapat di dalam kantong teh memiliki segudang manfaat. Menurut sebuah riset, senyawa zat atau tanin yang terdapat di dalam ampas teh tersebut dapat mengurangi rasa sakit pada gusi bengkak akibat bakteri.

Adapun cara menggunakan obat gusi bengkak alami yang satu ini cukup mudah. Hanya perlu celupkan kantong teh ke dalam air mendidih selama beberapa menit, kemudian keluarkan dan biarkan hingga agak dingin sedikit. Kemudian tempelkan kantong teh pada gusi yang terasa sakit sekitar 5 menit.

3. Pasta herbal

Pasta herbal telah digunakan selama berabad-abad oleh orang pada zaman dahulu untuk menghilangkan rasa sakit. Dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit, pasta herbal yang sudah dibuat bisa langsung ditempelkan pada gusi.

Caranya, campurkan bubuk kunyit atau cengkeh dengan air hangat secukupnya. Kemudian aduk hingga rata sampai berbentuk padat. Oleskan pasta herbal tersebut pada gusi yang terasa sakit, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas pasta herbal tersebut dengan cara berkumur. Ulangi sesering mungkin untuk mengurangi rasa sakit.

4. Kompres dengan es batu atau air hangat

Obat gusi bengkak alami yang terakhir adalah kompres menggunakan es batu ataupun air hangat. Cara ini diyakini dapat digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan dapat meredakan rasa sakit pada gusi.

Cara membuat kompres es batu dan air hangat:

  • Untuk membuat kompres air hangat, celupkan kain bersih ke dalam air panas tetapi yang tidak sampai mendidih. Peras kain yang sudah dicelupkan ke dalam air panas, kemudian tempelkan kain pada bagian pipi atau bibir yang menutupi bagian gusi sakit.
  • Untuk kompres es batu, gunakan kain bersih sebagai pembungkusnya dan tempelkan pada gusi yang sakit.

Itulah obat gusi bengkak alami yang dapat dicoba di rumah. Apabila sakit gusi yang dirasakan tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter gigi terdekat.



Simak Video "Yang Terjadi Bila Seseorang Terpapar Gas Air Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT