ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 21:40 WIB

Do's and Don'ts Sebelum Operasi Plastik

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Operasi plastik terbagi menjadi dua jenis seperti rekonstruksi yakni mengatasi pasien kecelakaan korban tabrakan, luka bakar, cacat bawaan, sementara operasi bedah plastik estetik dilakukan pada pasien normal dengan sengaja ingin memperbaiki bagian wajah hingga tubuh yang dinilai kurang indah.

Tidak sedikit yang mempertanyakan adakah pantangan sebelum dan setelah melakukan operasi. Khususnya terkait makanan yang dikonsumsi. Menurut Profesor bedah plastik David S Perdanakusuma, SpBP-RE(K), tak ada pantangan apapun selama operasi bedah plastik dilakukan pada pasien yang sehat.

"Nggak ada (pantangan), karena dasarnya kan kondisi normal sebelum operasi, jadi nggak usah khawatir alergi. Kalau sebelum operasi tidak alergi, ya bisa operasi lah, kalau sebelumnya nggak ada pantangan, ya setelah operasi tetap nggak ada pantangan," terang Prof David dalam agenda e-Life detikcom Jumat (15/7/2022).

Meski begitu, jika tujuan seseorang adalah melakukan body contouring, ada baiknya untuk menjaga asupan kalori yang dikonsumsi. Menurut Prof David, bak menanam bunga, diperlukan pupuk dan penyiraman yang baik agar kondisinya masih bagus dan tidak layu.

"Seimbangkan kalori yang masuk dengan yang dikeluarkan, misalnya itu ada exercise, makannya teratur, jadi lifestyle-nya harus diubah menjadi satu pola hidup sehat," terang dia.

"Sudah pasti membantu untuk membentuk kondisi badan sesuai yang diharapkan," pungkasnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT