ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 09:01 WIB

Konsultasi Kesehatan

Sering Garuk Area Selangkangan Sampai Testis Lecet, Penyebabnya Apa Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi penis Ilustrasi gatal-gatal di area testis Foto: thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya Dok...

Bulan lalu, saya terkena infeksi jamur di selangkangan. Awalnya, saya merasa gatal pada bagian selangkangan. Tapi, karena tidak tahan akhirnya testis saya tergaruk dan sempat lecet.

Satu bulan setelah gatal, bagian testis saya obati dengan berbagai macam obat salep. Sempat berkurang gatalnya dan kadang hilang, tapi setelah tiga bulan, gatalnya tak kunjung hilang.

Saya ingin bertanya, apakah saya mengalami infeksi jamur atau bukan? Gejala yang timbul cuma gatal saja.

Belum pernah juga berhubungan seksual, karena belum menikah. Kalau infeksi jamur, apakah wajar sampai tiga bulan tidak sembuh-sembuh?

S (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Gatal di daerah selangkangan bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau dermatitis. Keduanya mempunyai gejala yang mirip seperti timbul ruam atau beruntus merah bersisik disertai rasa gatal.

Pengobatan kedua keluhan tersebut berbeda tentunya. Jika pengobatan tidak tepat, keluhan bisa meluas dan bertambah berat, luka lecet akibat garukan biasanya dapat menjadi faktor pemicu terjadinya infeksi bakteri.

Apabila keluhan sudah 1 bulan diobati tidak ada perbaikan, sebaiknya segera kontrol ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Ini untuk memastikan apakah penyakitnya benar infeksi jamur dan apakah pengobatan yang dipakai selama ini sudah tepat.

dr Rachel Marsella R, SpDV

PRIMAYA HOSPITAL BEKASI UTARA

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Muncul Infeksi Jamur Kuning di India, Susul Kasus Jamur Hitam-Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT