ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 07:56 WIB

Sering Insecure Gegara Medsos, Ingat Pentingnya Body Positivity

- detikHealth
Jakarta -

Konsep body positivity semakin marak dibahas banyak orang, khususnya di sosial media. Namun, tidak sedikit dari masyarakat yang sebenarnya belum betul-betul memahami arti body positivity.

Psikolog klinis dewasa Zarra Dwi Monica menekankan body positivity menumbuhkan pemahaman penerimaan kondisi tubuh, bagaimanapun bentuk dan warnanya. Hal ini disebutnya bisa berpengaruh pada kesehatan mental.

"Kan kalau kita ngomongin tubuh biasanya di masyarakat sudah ada standar nih bahwa cantik itu harus putih misalnya atau langsing, standar-standar ini yang membuat seseorang tidak sesuai dengan yang dideskripsikan tersebut merasa insecure," beber Zarra dalam program e-Life detikcom Senin (24/7/2022)

Manfaat di balik menerapkan konsep body positivity, seseorang tidak lagi dilanda rasa cemas dan khawatir dengan penilaian standar kecantikan. Alih-alih memikirkan hal semacam itu, seringnya pemahaman konsep body positivity membawa seseorang melakukan banyak hal positif.

"Misalnya dengan makan makanan yang sehat, tadi olahraga juga, kita mencintai dan benar-benar menerima seperti inilah diri kita tanpa harus berusaha untuk fit dengan standar yang ada," lanjut Zarra.

(Ayunda Septiani/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT