ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 14:19 WIB

Luar Biasa! Pria Turki Cetak Rekor, Pemilik Hidung Terpanjang di Dunia

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Mehmet Özyürek adalah pria asal Turki yang memiliki hidung terpanjang di dunia. Foto: Twitter/@GWR (Guinness World Records)
Jakarta -

Pria Turki bernama Mehmet Özyürek mencetak rekor, ia ditetapkan sebagai pria dengan hidung terpanjang di dunia, pada orang yang masih hidup. Hal itu yang membuat dirinya tercatat di Guinness World Records sebagai pemilik hidung terpanjang pada orang yang masih hidup.

Dikutip dari India Times, Maret 2010 silam, pria yang kini berusia 71 tahun itu pergi ke sebuah acara TV Lo Show Dei Record di Roma, Italia, untuk melakukan pengukuran pada hidungnya. Hasilnya, panjang hidung Özyürek adalah sekitar 8,8 sentimeter, diukur dari pangkal hidung hingga ujung hidung.

Hidung merupakan salah satu dari sedikit bagian tubuh yang akan terus tumbuh seiring bertambahnya usia. Hal itu mungkin membuat hidung Özyürek akan terus bertambah panjang, dan bisa diprediksikan dia akan mencatatkan rekor baru dalam beberapa tahun mendatang.


Menurut sebuah laporan, sekitar abad ke-18 terdapat seorang pria asal Yorkshire yang diduga sebagai pemegang rekor hidung terpanjang yang pernah ada hingga kini. Ia adalah Thomas Wadders, atau dikenal sebagai Thomas Wadhouse yang berprofesi sebagai pemain sirkus terkenal pada zamannya.

Rupanya, hidung Wedders memiliki panjang sekitar 19 sentimeter, atau lebih panjang sekitar 10 sentimeter dari hidung Özyürek. Wedders dianugerahi oleh Guinness World Records sebagai pemegang rekor hidung terbesar di dunia.

Tak hanya itu, Wedders juga dibuatkan patung lilin untuk bagian kepalanya dan kini patung tersebut dipamerkan di museum Ripley's Believe It or Not. Wedders meninggal pada usia 50 tahunan di Yorkshire, meskipun telah tiada ketenaran hidungnya membuat dia dikenal hingga kini.



Simak Video "Melihat Uji Coba Vaksin AstraZeneca dengan Metode Semprot Hidung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT