ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 18:15 WIB

5 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat, Mudah Dibuat di Rumah Lho

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi Jus penurun kolesterol paling cepat (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel dan hormon, namun jika kadarnya terlalu tinggi akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Selain obat-obatan medis, kadar kolesterol tinggi juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi berbagai jenis jus penurun kolesterol dari buah segar.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu High Density Lipoprotein (HDL) atau disebut kolesterol baik dan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Kadar LDL yang terlalu tinggilah yang akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti stroke dan serangan jantung.



Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat

Buah-buahan tertentu ternyata berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh. Hal itu merupakan kabar baik, dan bisa dimasukkan ke dalam menu harian agar kolesterol tetap terkontrol. Dikutip dari berbagai sumber yang telah detikcom rangkum, berikut beberapa jus penurun kolesterol, antara lain:

1. Jus Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan senyawa likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid serta menurunkan kadar kolesterol LDL. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kadar likopennya.

Studi pada tahun 2015 yang melibatkan 25 wanita dengan rentang usia 20-30 dan memiliki massa indeks tubuh minimal 20, melakukan sebuah percobaan dengan meminum jus tomat setiap hari selama 2 bulan. Hasilnya, mereka yang meminum jus tomat sebanyak 280 mL setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darahnya.

2. Jus Beri

Buah beri diyakini memiliki kandungan antioksidan dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Tak hanya itu, buah beri juga rendah kalori dan rendah lemak.

Seseorang bisa mengonsumsi buah beri dengan dibuat jus atau smoothie. Jika ingin membuat smoothie, seseorang bisa mencampurkan sekitar 80 gram buah beri dengan setengah cangkir yogurt dan setengah cangkir air dingin.

Hal yang perlu diingat adalah untuk tidak menambahkan gula ketika membuat jus ataupun smoothie.

3. Jus Jeruk

Jus jeruk asli tanpa tambahan gula merupakan salah satu minuman terbaik yang dapat membantu seseorang menurunkan kolesterol. Tak hanya dapat menurunkan kolesterol, jus jeruk juga kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Jus jeruk 100 persen adalah minuman manis alami yang bebas lemak dan sodium, dan sarat dengan vitamin dan mineral," ucap Lauren Manaker, MS, RDN, seorang pakar nutrisi kesehatan.

"Data juga telah menunjukkan bahwa minum jus jeruk asli dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh," sambungnya.

4. Jus Delima

Jus delima juga bisa menjadi pilihan sebagai minuman untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol kolesterol tetap stabil. Jus delima mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya, dan hal tersebut bermanfaat untuk melindungi jantung termasuk menurunkan kolesterol LDL.

Pastikan jika ingin mengonsumsinya adalah jus delima asli tanpa tambahan gula. Mengingat gula dapat menambahkan kalori pada jus, sehingga manfaat untuk jantung menjadi berkurang.

5. Jus Apel

Apel merupakan buah yang banyak mengandung pektin. Pektin adalah serat larut yang ditemukan di dalam berbagai buah dan sayur, senyawa itu berguna untuk membersihkan arteri seseorang dan menurunkan kadar kolesterolnya.

Seseorang bisa mengonsumsi apel dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus. Namun, ketika seseorang akan membuat jus apel, disarankan untuk tidak menambahkan gula ke dalam jusnya.

Itulah beberapa jus penurun kolesterol yang bisa dicoba dirumah. Selalu cek kadar kolesterol secara rutin sebagai bentuk pencegahan agar kolesterol tidak naik.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT