ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 17:33 WIB

Waspada! Positivity Rate COVID-19 RI di Atas Standar WHO 3 Minggu Beruntun

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Naiknya kasus COVID-19 akhir-akhir ini berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah tes swab antigen maupun PCR. Masyarakat ramai-ramai untuk dites swab. Ilustrasi tes PCR. Foto: Amdhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Kasus harian COVID-19 mencatat angka enam ribu kasus lebih selama tiga hari berturut-turut. Hari ini, Kamis (28/7/2022), Indonesia mencatat sebanyak 6.353 kasus harian baru.

"Jumlah COVID-19 terus mencatat rekor terbaru setelah tidak mengalami kenaikan," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi virtual, Kamis (28/7/2022).

"Peningkatan terjadi perlahan tapi pasti, dari seribu kasus awal Juni,dua ribu kasus awal Juli, dan dalam satu bulan naik 3 kali lipat jadi enam ribu kasus," sambungnya.

Menurut Prof Wiku, kenaikan kasus ini juga diikuti dengan naiknya positivity rate di Indonesia. Satgas mencatat, dalam kurun waktu 3 minggu berturut-turut positivity rate Indonesia telah melewati standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Positivity rate mingguan yang saat ini selama 3 minggu berturut-turut berada di atas ambang batas WHO yaitu 5 persen, per minggu ini positivity rate mingguan nasional adalah sebesar 6,07 persen," ujar Prof Wiku.

Selain itu menurutnya, dalam 3 hari terakhir juga terjadi kenaikan angka kasus kematian.

"Kasus kematian mulai juga mengalami kenaikan dalam 3 hari terakhir, yaitu selalu di atas 10 kematian sehari," tuturnya.

Terakhir, Prof Wiku meminta masyarakat terus waspada dengan mentaati protokol kesehatan dan menjaga pola hidup bersih.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT