ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 18:30 WIB

Jadi Darurat Global, Kemenkes Pastikan Tanggung Biaya Pasien Cacar Monyet

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sudah ada cacar monyet atau monkeypox di Indonesia? Ilustrasi cacar monyet. Foto: infografis detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut pembiayaan pengobatan pasien cacar monyet atau monkeypox akan ditanggung pemerintah. Hal ini bisa diterapkan, jika penyakit tersebut masuk ke dalam daftar penyakit infeksi emerging (PIE).

Plt Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes RI Endang Budi Hastuti mengatakan berdasarkan Permenkes, PIE memang akan ditanggung penuh oleh pemerintah.

"Untuk monkeypox ini bisa ditanggung oleh pemerintah, kita punya Permenkes yang mengatur penyakit infeksi emerging itu memang ditanggung pemerintah, jika memang penyakit itu masuk dalam list penyakit infeksi emerging," kata Endang dalam konferensi pers Kemenkes RI, Rabu (27/7/2022).

"Jadi, nanti akan ditanggung oleh pemerintah pengobatannya. Saat ini sedang disiapkan juga aturan untuk pembiayaannya," sambungnya

Pada kesempatan yang sama, juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril mengatakan selain pembiayaan dari pemerintah, penyakit itu bisa dimasukkan dalam daftar pengobatan yang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Kita punya BPJS, jadi kalau nanti tidak kita cover semua seperti Covid dulu, kita bisa masuk ke dalam mekanisme BPJS. BPJS bisa menanggung beberapa penyakit, termasuk sampai saat ini Covid juga sudah masuk BPJS," beber dr Syahril.



Simak Video "Ada 17 Suspek Cacar Monyet di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT