ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 19:40 WIB

Dubur Nyeri dan Mr P Bengkak? Awas, Bisa Jadi Gejala Cacar Monyet

Alethea Pricila - detikHealth
Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan
Jakarta -

Gejala cacar monyet atau monkeypox umumnya hampir mirip dengan flu seperti demam, sakit kepala, nyeri tulang, dan lemas. Namun ditemukan juga gejala yang tak biasa seperti pembengkakan di penis dan nyeri di daerah dubur.

Gejala ini ditemukan oleh tim yang berasal dari Guys and St Thomas' NHS Foundation di London. Mereka melakukan tes kepada 197 pasien pria positif cacar monyet. Dikutip dari Newsweek, di antara 197 pasien pria tersebut semuanya mengalami lesi yang terjadi di alat kelamin yaitu penis dan daerah sekitar anus.

Peneliti tersebut juga menemukan sebanyak 71 pasien mengalami nyeri dubur atau nyeri saat buang air besar. Hal ini juga membuat sebanyak 8 orang pasien harus membutuhkan bantuan media di rumah sakit.

Selain itu, terdapat pasien yang dilaporkan mengalami pembengkakan pada penis. Secara keseluruhan, sebanyak 20 pasien di rumah sakit mengalami gejala seperti nyeri di dubur dan pembengkakan pada penis.

Julia Bilinska, seorang penulis dan pencatat kesehatan seksual di Guys and St Thomas' NHS Foundation Trust mengatakan hingga saat ini belum diketahui mengapa beberapa pasien positif cacar monyet mendapatkan gejala yang tidak biasa ini.

"Ini mungkin menunjukkan perubahan alami dalam penyakit, atau mungkin karena cara penularan. Ini adalah pertanyaan yang membutuhkan lebih banyak penelitian (untuk menjawabnya)," kata Bilinska, dikutip dari Newsweek.

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit yang awalnya ditemukan di daerah Afrika Tengah dan Barat. Namun, sejak 23 Juli lalu, WHO mengumumkan bahwa penyakit ini menjadi darurat kesehatan global setelah ditemukan beberapa kasus di negara non endemis.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT