ADVERTISEMENT

Minggu, 31 Jul 2022 06:51 WIB

Viral Wanita Kena Ruam Seluruh Tubuh, Dikira Digigit Serangga Ternyata Kena...

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Tangkapan layar viral TikTok (Foto: Tangkapan layar viral TikTok atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Baru-baru ini viral di TikTok seorang wanita yang memperlihatkan ruam di seluruh tubuh. Ruam awalnya hanya muncul di bagian tangan, tetapi bentuknya lumayan besar.

Beberapa hari kemudian, ruam tersebut menjalar ke paha hingga kakinya. "Awalnya cuma ada satu. Terus akhirnya numbuh banyak banget nyebar ke paha, kaki, perut dan lain-lain," cerita pemilik akun @mbul dalam video viralnya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Minggu (31/7/2022).

"Sudah satu tahun berlalu, bekasnya masih ada sampai sekarang," tuturnya.

Saat dikonfirmasi detikHealth, wanita bernama Novelin itu bercerita ruam yang muncul mirip gigitan serangga. Ia awalnya tak berpikir penyakit yang ternyata menyerangnya adalah ringworm, yang disebabkan kontak dengan kucing.

Dikutip dari Medical News Today, ringworm adalah ruam yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penularan memang bisa terjadi melalui kontak kulit dengan orang atau hewan yang terinfeksi.

Setelah konsultasi online, ia akhirnya diberikan obat untuk meredakan gejala ringworm. "Aku bisa dapet ringworm karena aku tertular dari kucing saudara aku. Kebetulan aku sedang mengidap beberapa hari di sana," kata dia.

"Dia awalnya muncul satu doang seperti digigit serangga," sambungnya.

Novelin asal Jakarta memperlihatkan perubahan ruam dari hari ke hari. Awalnya hanya berwarna merah, kemudian muncul seperti 'nanah' di dalam setelah menyebar ke seluruh tubuh. "Waktu itu sempat nanya konsultasi online tapi nggak kunjung sembuh, sampai akhirnya ke apotek cari obat sendiri sampai ketemu obat apa yang cocok sama aku," terang dia.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Sanggar Senja, Selamatkan Anak Jalanan dari Pemerkosaan Hingga Pembunuhan

[Gambas:Video 20detik]



(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT