ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 08:32 WIB

Pro-Kontra

WFO Balik Lagi 100 Persen, Yakin COVID-19 Sudah Aman?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja WFO kembali 100 persen. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang aturan PPKM di seluruh wilayah Indonesia. Kali ini, semua daerah berada di level 1.

Beberapa aturan mulai dilonggarkan, salah satunya ketentuan masuk kantor atau work from office (WFO). Baik di Jawa-Bali maupun di luar wilayah tersebut, kapasitas kantor diperbolehkan hingga 100 persen.

"Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 100 persen work from office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi," demikian bunyi Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali.

Pembaruan aturan ini memunculkan beberapa pendapat di antara warga. Nisa, seorang karyawan di salah satu perusahaan swasta di Jakarta Selatan, setuju dengan aturan kembali bekerja di kantor.

Selain karena produktivitas bisa lebih meningkat, taat protokol kesehatan seperti memakai masker dan vaksinasi juga bisa membantu agar tidak terkena COVID saat berada di kantor.

"Toh memang tempat kerja itu kantor. Jadi pinter-pinternya ngejaga diri sendiri aja sih. Udah ditambah vaksin juga kan," tutur wanita berusia 26 tahun ini.

Senada, Archie, pegawai di salah satu startup Jakarta ini mengatakan bekerja dari kantor lebih membuatnya nyaman dibandingkan di rumah. Selain itu kembalinya ke kantor juga menurutnya sedikit banyak akan membantu capaian vaksinasi.

"Udah biasa aja sih (COVID), toh yang penting udah prokes ketat," bebernya.

Berbeda dengan keduanya, Risna (29), pegawai swasta Jakarta yang tinggal di daerah Cikuda ini menganggap aturan masuk kantor harus dikembalikan ke karyawan.

Selain karena sudah tidak relevan dengan beberapa industri, ada banyak penyakit lain diluar COVID yang harus menjadi perhatian bersama, seperti cacar monyet dan polusi udara.

"Untuk beberapa industri, WFO udah gak relevan. Ke kantor harusnya jadi pilihan bukan kewajiban," katanya.

Bagaimana nih dengan detikers? Apakah setuju dengan pembaharuan kebijakan ini atau masih kurang setuju? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya!



Simak Video "Syarat Perjalanan Diperketat, Simak Aturan Terbaru PPKM Level 1"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT