ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 09:30 WIB

Lengkap! Aturan PPKM Jabodetabek Level 1, WFO hingga Nge-Mal

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
DKI Jakarta kini turun menjadi PPKM level 1. Penurunan status itu berarti ada sejumlah aturan yang berubah, salah satunya terkait aturan work from office (WFO). Lengkap aturan PPKM Jabodetabek level 1 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Aturan PPKM Jabodetabek level 1 kembali diperpanjang oleh pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya potensi kenaikan kasus COVID-19 imbas dari subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

"Penetapan Level 1 di seluruh Indonesia tentunya juga berdasarkan pertimbangan dari para pakar dengan mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan," beber Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (2/8/2022).

Aturan PPKM tersebut sudah tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Selain itu, perpanjangan ini berlaku mulai tanggal 2 sampai 15 Agustus 2022. Berikut aturan PPKM Jabodetabek level 1.

Aturan PPKM Jabodetabek Level 1

1. Sekolah PTM/PJJ

Aturan PPKM Jabodetabek level 1 memberlakukan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan untuk dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

2. Kantor WFO 100 Persen

Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 100 persen Work From Office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin. Selain itu, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

3. Gym, Ruang Rapat, Ballroom

Aturan PPKM Jabodetabek level 1 juga memberlakukan tempat gym, ruang rapat, hingga ballroom buka dengan kapasitas 100 persen, serta memakai aplikasi PeduliLindungi. Penyediaan makanan dan minuman untuk ruang rapat diizinkan hidangan prasmanan.

4. Supermarket, Hypermarket, Pasar Tradisional

Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari diperbolehkan buka dengan kapasitas pengunjung 100 persen. Supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

5. Apotek

PPKM Jabodetabek level 1 memberlakukan apotek dan toko obat untuk buka selama 24 jam.

6. Restoran/Rumah Makan, Kafe

Restoran/rumah makan hingga kafe yang berlokasi di dalam gedung/toko atau area terbuka, berada pada lokasi tersendiri, dan berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall diizinkan buka dengan kapasitas 100 persen sampai pukul 22.00 waktu setempat, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Sementara restoran dan kafe yang buka pada pukul 18.00 diizinkan buka sampai pukul 02.00 waktu setempat dengan kapasitas 100 persen.

7. Pusat Perbelanjaan/Mal

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 100 persen sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat. Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

8. Fasilitas Umum

PPKM Jabodetabek level 1 juga memberlakukan fasilitas umum untuk buka dengan kapasitas pengunjung maksimal 100 persen. Wajib memakai masker dan menjaga protokol kesehatan, serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.



Simak Video "Ahli: Level PPKM Jadi Payung Strategi Protokol Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT