ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 10:49 WIB

Menkes BGS Mau Bikin BGSi, Mau Tahu Kepanjangannya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin akan meresmikan program Biomedical dan Genome Science Initiative (BGSi) yang akan digunakan untuk penelitian genome. Pembentukan BGSi dilakukan sebagai transformasi kesehatan bidang teknologi kesehatan.

Genome sequencing yang saat ini populer digunakan untuk mendeteksi COVID, ke depannya akan bisa dipakai mendeteksi dan mendiagnosis penyakit lain. Genome sequencing bisa melihat secara benar-benar rinci yang ada di tubuh manusia, terutama terkait kondisi kesehatan.

"Malah ke depannya melalui BGSi ini bisa melihat potensi penyakit yang akan timbul di masa mendatang," ujar Menkes Budi dalam keterangan tertulis di situs Sehat Negeriku, Selasa (2/8/2022).

Genome sequencing adalah metode yang digunakan untuk mengurutkan genom yang berada di organisme, seperti bakteri, virus, dan manusia. Genom adalah materi genetik yang tersusun dari DNA.

Metode genome sequencing banyak digunakan sebagai penelitian di bidang genetik dan biologi molekuler, termasuk di bidang medis untuk memahami berbagai penyakit



Simak Video "Terpapar Covid-19, Menkes Budi: Mohon Doa Agar Segera Pulih"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT