Anies Ubah 31 RSUD Jadi 'Rumah Sehat', PERSI: Tempat Orang Sehat di Puskesmas

ADVERTISEMENT

Anies Ubah 31 RSUD Jadi 'Rumah Sehat', PERSI: Tempat Orang Sehat di Puskesmas

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 04 Agu 2022 15:34 WIB
Anies Ubah Nama RSUD Jadi Rumah Sehat Untuk Jakarta (Silvia/detikcom)
Foto: Anies Ubah Nama RSUD Jadi 'Rumah Sehat Untuk Jakarta' (Silvia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan mengubah 31 nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta. Muncul pertanyaan, nama resminya akan tetap Rumah Sakit atau berubah menjadi Rumah Sehat sesuai penjenamaan baru?

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menegaskan, nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di bawah PERSI akan tetap ditulis dan disebut RSUD mengacu pada ada UU No 44 tahun 2019. Respons ini terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah 31 nama Rumah Sakit Umum Daerah Jakarta menjadi Rumah Sehat.

"Begini yah kalau saya bilang kan sudah ada UU nomor 44 sudah jelas harus ditulis rumah sakit, mau branding 'rumah sehat' mungkin iya, tapi ndak lah ya kita," ucap dr Koesmedi Priharto Kepala Bidang Organisasi PERSI pada detikcom, Kamis (4/8/2022).

"Kalau kita sih tetap mengikuti undang-undang saja," tegasnya.

Ia juga mengingatkan, agar jangan sampai keputusan mengganti nama ini justru membingungkan masyarakat.

"Rumah sehat, orang sakit mau ke mana? Misal mau branding sebagai apa semacam budaya khas daerah silakan. Asal kalau misal di tulisan atasnya rumah sakit terus bawahnya rumah sehat, apa tidak bingung?," ujarnya.

Menurutnya fungsi rumah sehat sesuai transformasi kesehatan Kementerian Kesehatan RI seharusnya adalah puskesmas. Agar fungsi puskesmas menjadi garda terdepan agar orang-orang hidup sehat.

"Kalau itu puskesmas setuju, di situ bukan untuk orang sakit saja seharusnya, namun seperti tujuan Kemenkes RI sebagai transformasi harusnya orang ke situ hidup sehat," tambahnya.

"Jadi tolong disosialisasikan yang betul pada masyarakat soal ini. Kita jangan bikin bingung Kemenkes, kan reformasi preventif sudah ada puskesmas. Kita-kita saja tidak bisa mengartikan (rumah sehat) apalagi masyarakat," pungkasnya.

NEXT: Kemenkes tak persoalkan branding 'Rumah Sehat' asal tak menghilangkan nama RS



Simak Video "Pemprov DKI Ubah Nama Rumah Sakit Jadi 'Rumah Sehat untuk Jakarta'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT