ADVERTISEMENT

Minggu, 07 Agu 2022 06:00 WIB

Sederet Fakta Alprazolam, Dikonsumsi Manajer BCL Tanpa Resep Dokter

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Polisi menjelaskan penangkapan manajer BCL Foto: Polisi menjelaskan penangkapan manajer BCL (Foto: Dok. Polres Jakbar)
Jakarta -

Manajer Bunga Citra Lestari, Muhammad Ikhsan Doddyansyah, ditangkap akibat penyalahgunaan alprazolam obat psikotropika. Ia ditangkap bersama temannya di rumahnya di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022) pukul 22.00 WIB.

Dalam penggeledahan tersebut polisi menemukan 7 butir Alprazolam. Kasatres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP menyebut, manajer BCL itu sudah mengonsumsi alprazolam sejak setahun lalu. Sementara itu, Wakasat Narkoba Kompol Arif Purnama Oktora, mengatakan bahwa manajer BCL ini mengkonsumsi Alprazolam tanpa resep dokter.

"Dia menggunakan Alprazolam tanpa resep dokter," kata Arief, dikutip detikNews, Sabtu (6/8). Berikut fakta-fakta obat psikotropika alprazolam.

Kegunaan Alprazolam

Dikutip dari Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), alprazolam digunakan untuk mengobati masalah kecemasan. Biasanya dokter akan meresepkan obat tersebut untuk dipakai sebagai bantuan jangka pendek dari kondisi kecemasan sedang, berat, maupun kecemasan terkait depresi.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan panik dengan atau tanpa rasa takut pada tempat dan situasi yang menyebabkan kepanikan, ketidakberdayaan, atau rasa malu.

Alprazolam termasuk dalam psikotropika golongan IV. Untuk itu, penggunaannya tak bisa sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter.

NEXT: efek samping alprazolam

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Beredar Daftar Artis Penerima Vaksin Pertama, Ini Kata Jubir Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT