ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 08:01 WIB

Menkes: Surveilans Cacar Monyet Lebih Mudah daripada COVID-19

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau kegiatan pemeriksaan TBC di Puskesmas Girimulyo 1, Kulon Progo, DIY, Selasa (29/3/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan belum ada kasus konfirmasi cacar monyet di Indonesia. Terakhir, kasus suspek cacar monyet yang terjadi di Pati, Jawa Tengah, mendapatkan hasil negatif cacar monyet.

Hingga saat ini menurut Menkes Budi, sudah ada 11 suspek cacar monyet yang dinyatakan 'discarded'.

"Memang monkeypox ini sudah beredar di beberapa negara dan dinaikan oleh WHO statusnya satu level di bawah pandemi. Kita sudah ada 11 suspek monkeypox karena ada bintik-bintik merah di tubuhnya tapi setelah dicek bukan monkeypox tapi cacar biasa atau varisela kita sebutnya," ucapnya dalam acara Economic Outlook 2022 CNBC Indonesia TV, Senin (8/8/2022).

"Jadi sampai saat ini kita belum menemukan adanya monkeypox di Indonesia," sambungnya.

Ia menambahkan, Kemenkes RI sudah menjalin komunikasi dengan berbagai dinas kesehatan di daerah untuk memastikan surveilans cacar monyet terus dilakukan.

"Kita sudah komunikasi terus dengan dinas-dinas kesehatan mulai dari 3 juli untuk memastikan surveilansnya jalan," terangnya.

Namun menurutnya, dalam kasus cacar monyet ini, surveilansnya lebih mudah dibanding COVID-19. Hal ini disebabkan orang yang terinfeksi cacar monyet terlihat gejalanya dari adanya bintik-bintik atau lesi di tubuh, sehingga baru bisa dipastikan dapat menularkan ke orang lain setelah gejala ini muncul.

"Untuk surveilansnya lebih mudah dibandingkan COVID, jadi kalau monkeypox ini menular kalau sudah bergejala," ucapnya.

"Kalau covid susahnya surveilansnya orang yang tidak bergejala kelihatan sehat sudah bisa menularkan COVID, kalau monkeypox ini orangnya harus bergejala dulu, ada bintik-bintik baru bisa menularkan," tambahnya.

Menkes Budi menyatakan, tindakan surveilans dan kesiapan PCR untuk memeriksa cacar monyet sudah disiapkan dengan baik di Indonesia sehingga siap dalam menangani virus ini.

"Jadi untuk monkeypox ini surveilansnya jadi lebih mudah," pungkasnya.



Simak Video "Fakta-fakta Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT