ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 09:32 WIB

Dicatut untuk Iklan Viral Obat Diabetes, Profesor IDAI Kasih Warning!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
diabetes Foto: Atas izin bersangkutan
Jakarta -

Beredar postingan di media sosial dengan judul 'Penderita diabetes boleh makan yang manis-manis! Musuh diabetes utama terungkap!' yang mencatut Prof Dr dr Aman Pulungan, SpA(K) dalam wawancara bersama Najwa Shihab.

Dalam unggahan tersebut, terdapat tangkapan layar dengan narasi wawancara antara Najwa Shihab dan dr Aman terkait manfaat obat diabetes Glucosan.

Bagaimana faktanya?

Prof Aman yang merupakan mantan ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), melalui akun Twitternya memberikan klarifikasi mengenai unggahan tersebut. Ia dengan tegas memberi penjelasan bahwa wawancaranya dengan Najwa Shihab tidak berkaitan dengan obat diabetes Glucosan.

"Bahwa saya menyatakan hal tersebut di atas faktanya sama sekali tidak benar karena saya tidak pernah diwawancarai ataupun memberikan ulasan ataupun mempromosikan sesuatu yang berkaitan dengan keampuhan obat diabetes apapun, baik 'Glucosan' maupun yang lainnya," tegas dr Aman seperti yang dilihat detikcom, Selasa (9/8/2022).

Ia juga menegaskan bahwa unggahan yang tersebar di media sosial mencemarkan nama baiknya. Ia meminta agar pihak yang telah mengganti narasi wawancara tersebut untuk tak lagi menyebarkan informasi yang tidak benar dan menyampaikan permintaan maaf secara tertulis.

"Bahwa hal tersebut di atas jelas telah melanggar UU ITE maupun ketentuan hukum pidana sehingga apabila dalam waktu 7 hari sejak tanggal dimuatnya surat klarifikasi dari saya ini kedua hal tersebut tidak ditindaklanjuti, maka saya akan menempuh jalur hukum yang berlaku," jelas dr Aman.



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT