ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 11:02 WIB

Motif Sambo Habisi Brigadir J 'Khusus Dewasa', Ini Klasifikasi Usia WHO

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Apa sih usia dewasa itu? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Penetapan eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka di kasus penembakan Brigadir J membuat geger publik. Hingga saat ini, motif penembakan tersebut belum diungkap oleh pihak kepolisian.

Terkait insiden itu, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan motif Ferdy Sambo membunuh Brigadir J sensitif dan hanya boleh didengarkan orang dewasa.

"Soal motif, biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," kata Mahfud dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Selasa (9/8/2022).

Lantas, apa sih kriteria dewasa itu?

Tentunya ada banyak definisi tentang batasan usia. Dikutip dari laman resminya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa adalah mereka yang berusia lebih dari 19 tahun, kecuali undang-undang suatu negara membatasi usia lebih dini atau lebih dari itu. Sementara remaja adalah seseorang yang berusia 10 hingga 19 tahun.

Transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa melibatkan perubahan fisik, seksual, psikologis, dan perkembangan sosial.

Sementara itu klasifikasi dewasa menurut Kementerian Kesehatan terbagi menjadi dua yakni dewasa awal dan dewasa akhir. Usia dewasa awal dimulai dari umur 26-35 tahun, sedangkan dewasa akhir yakni 36-45 tahun.

Dari sisi psikologis, Jeffrey Arnett, seorang psikolog dan profesor di Universitas Clark di Massachusetts, mengatakan tahap dewasa baru terjadi di antara usia 18-25 tahun. Arnett menggambarkan individu di usia tersebut mampu mengambil tanggung jawab untuk hidup mereka.



Simak Video "Ingin Berikan Perlindungan ke Anak Sambo, Kak Seto Minta Izin Bareskrim Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT