ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 19:15 WIB

Puskesmas Pulomerak Banten Laporkan Suspek Cacar Monyet, Ini Gejalanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cacar Monyet Foto: Getty Images/iStockphoto/Md Saiful Islam Khan
Jakarta -

Seorang warga di Banten menjadi suspek cacar monyet atau monkeypox. Kabar ini disampaikan dan dikonfirmasi oleh Puskesmas Pulo Merak melalui akun Instagram @puskesmas.pulomerak.

Dalam keterangan pihak puskesmas, pasien suspek cacar monyet ini diperiksa oleh tim medis pada Senin (8/8/2022) lalu. Sampel yang diambil adalah darah dan cairan dari lesi yang ada di tubuh pasien.

Berikut caption yang tertulis pada postingan @puskesmas.pulomerak terkait pasien suspek monkeypox:

"Senin, 08 Agustus 2022 telah ditemukan pasien suspek monkeypox. Lalu dilakukan sampling suspek monkeypox untuk dikirimkan ke Labkesda Provinsi Banten. Semoga hasilnya negatif, amin 🤲
Terima kasih kepada petugas yang telah membantu," tulis akun tersebut yang dilihat detikcom, Rabu (10/8/2022).

[Gambas:Instagram]


Pasien diduga cacar monyet karena disebut mengalami beberapa gejala, yakni nyeri kepala, nyeri otot, nyeri punggung dan keluhan yang hampir mirip dengan cacar. Sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut terkait kabar diduga pasien cacar monyet di Pulomerak, Provinsi Banten.

Terkait kabar ini, Ketua Satgas Cacar Monyet Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Hanny Nilasari mengaku belum mengetahui. Pihaknya masih mendalami kemungkinan adanya temuan tersebut.

"Kami belum mendapatkan kabar, nanti diinformasikan bila ada perkembangan atau update-nya," jelas dr Hanny saat dihubungi detikcom Rabu (10/8/2022).



Simak Video "Ada 17 Suspek Cacar Monyet di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT