ADVERTISEMENT

Senin, 15 Agu 2022 13:30 WIB

Gratis! Begini Cara Membersihkan Karang Gigi Pakai BPJS Kesehatan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi BPJS Kesehatan. Ilustrasi BPJS Kesehatan (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Pembersihan karang gigi merupakan salah satu perawatan gigi dan mulut yang di-cover oleh BPJS Kesehatan. Tentunya, cara membersihkan karang gigi pakai BPJS Kesehatan ini menjadi penting diketahui lantaran biaya untuk melakukan perawatan tersebut tidaklah murah.

Pembersihan karang gigi menggunakan BPJS ini dapat dilakukan setahun sekali dengan indikasi medis, dan dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) pertama, yaitu Puskesmas atau Klinik.

Perawatan ini juga dapat dilakukan pada faskes lanjutan namun harus sesuai rujukan dokter dari faskes pertama. Dengan begitu, peserta tidak dapat langsung datang ke faskes lanjutan untuk meminta layanan tersebut dan harus sesuai dengan indikasi medis.

"Scaling gigi dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. Pemeriksaan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tk I yang terdaftar di kartu peserta berdasarkan indikasi medis atau perintah dari dokter dan tidak bisa atas permintaan sendiri," tutur BPJS Kesehatan melalui akun Twitter resminya, dikutip Senin (15/8/2022).

Adapun cara membersihkan karang gigi pakai BPJS Kesehatan sebagai berikut.

Datang ke Faskes Pertama yang Dipilih

Peserta dapat langsung melakukan pemeriksaan gigi dan mulut dengan mengunjungi faskes pertama yang terdaftar dalam kepesertaan BPJS. Pastikan bahwa faskes tersebut memiliki layanan dokter gigi.

Peserta hanya perlu melengkapi proses administrasi dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan yang masih aktif. Petugas puskesmas atau klinik akan mengecek kartu, melanjutkan pemeriksaan, dan melakukan perawatan gigi yang ditanggung BPJS. Apabila dibutuhkan, obat akan diberikan oleh faskes yang bersangkutan.

Pelayanan pada Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan

Jika faskes tingkat pertama tidak memadai atau diperlukan perawatan lebih lanjut, dokter akan merujuk pasien BPJS ke faskes tingkat lanjutan. Jangan lupa untuk meminta surat rujukan dari faskes pertama. Sebab surat ini akan digunakan untuk berobat ke rumah sakit rujukan, khususnya dokter gigi spesialis atau sub spesialis.



Simak Video "Hati-hati! Nunggak Iuran BPJS Kesehatan Bisa Kena Denda Rp 30 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT