ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 09:11 WIB

Dokter Menjawab

Payudara Sakit Setelah Menstruasi, Mungkinkah Gejala Kanker Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi Mengencangkan Payudara Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo, Dok izin bertanya...

Saat sedang menstruasi, tidak menstruasi, maupun setelah menstruasi, payudara saya sebelah kiri selalu sakit. Apakah ini gejala kanker payudara Dok? Terima kasih.

UJ (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Rasa nyeri di payudara biasanya tidak berhubungan dengan kanker payudara. Rasa nyeri tersebut biasanya berhubungan dengan siklus menstruasi atau gangguan hormonal.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan pada payudara, Ibu dapat mulai mendeteksinya dengan mandiri, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) beberapa hari setelah selesai menstruasi.

Ibu juga dapat melakukan pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS) ke dokter atau tenaga kesehatan terlatih. Apabila diperlukan, dokter akan merujuk Ibu untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG payudara, 3D Sonomammogram, atau mammografi sesuai kondisi Ibu.

dr M Yadi Permana, SpB SubB Onk

Dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Onkologi

RS Pondok Indah - Pondok Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Mengenal Lebih Dekat Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT