ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 14:39 WIB

Viral Detik-detik Pengunjung IKEA China Panik, Gedung Mendadak Di-lockdown

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Viral pengunjung IKEA Shanghai, China, panik karena gedung mendadak di lockdown. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Viral sebuah video yang memperlihatkan pengunjung IKEA di Shanghai, China, panik saat otoritas kesehatan setempat melakukan lockdown dan mendadak mengkarantina mereka di dalam toko. Ini terjadi pada Sabtu (13/8/2022) lalu.

Tindakan ini dilakukan usai seorang pengunjung teridentifikasi sebagai kontak erat kasus positif COVID-19. Dalam video tersebut, terlihat tiga petugas kesehatan memblokir pintu hingga terdengar jeritan para pengunjung IKEA yang mati-matian berusaha keluar dari toko.

Dikutip dari laman Express UK, para pengunjung mendorong pintu hingga terbuka agar bisa melarikan diri. Namun, pihak berwenang China tetap berusaha mengarahkan mereka untuk melakukan karantina.



Gedung IKEA di China tiba-tiba di-lockdown saat seorang bocah laki-laki berusia enam tahun teridentifikasi kontak erat dengan pasien COVID-19 di Lhasa, Tibet.

Akibat kejadian itu, para pengunjung IKEA dikarantina selama dua hari. Untuk langkah selanjutnya, mereka masih dipantau oleh otoritas kesehatan selama lima hari.

"Semua orang di IKEA dan daerah lain yang terkena dampak perlu dikarantina selama dua hari, dan kemudian melakukan pengawasan kesehatan selama lima hari," kata Zhao Dandan, wakil direktur Komisi Kesehatan Shanghai, dalam sebuah pengarahan pada hari Minggu (14/8/2022) yang dikutip dari Express UK.

Perintah penguncian toko IKEA ini dilakukan sebagai bagian dari strategi Zero Covid yang diterapkan China. Hal ini tetap dilakukan meski berdampak pada ekonomi masyarakat setempat.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT