ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 15:31 WIB

Surya Darmadi Drop Saat Diperiksa, Disebut Punya Masalah Jantung Akut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Surya Darmadi keluar Gedung Kejaksaan Agung menggunakan kursi roda. Surya Darmadi digotong kursi roda keluar Kejagung. (Foto: Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Surya Darmadi tersangka kasus dugaan korupsi lahan sawit PT Duta Palma dengan kerugian Rp 78 triliun dilarikan ke rumah sakit saat menjalani pemeriksaan lanjutan oleh Kejaksaan Agung.

Kuasa Hukum Surya Darmadi, Juniver Girsang, mengatakan kondisi kesehatan kliennya mengalami penurunan usai diberikan 9 pertanyaan oleh tim pemeriksa.

"Hari ini klien saya baru sampai pemeriksaan 9 pertanyaan. Namun mengingat fisiknya, kondisinya yang tidak mengizinkan, beliau minta agar dihentikan dulu pemeriksaan dan meminta dokter mengecek kesehatannya yaitu jantung akut," ujar Juniver dikutip dari CNBC.

Belum jelas kondisi penyakit jantung yang diidap oleh Surya Darmadi. Namun secara umum kondisi penyakit jantung kerap dialami oleh mereka yang berusia 65 tahun ke atas.

Dikutip dari National Institute on Aging, penuaan dapat menyebabkan perubahan pada pembuluh darah yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular, salah satunya jantung. Gagal jantung adalah kondisi paling umum dialami lansia yang ditandai dengan adanya keluhan sesak napas.

Seiring waktu, otot jantung dapat melemah atau rusak, yang mengakibatkan gagal jantung. Kerusakan jantung dapat disebabkan oleh serangan jantung, hipertensi dan diabetes yang berlangsung lama, dan penggunaan alkohol berat kronis.

Simak Video 'Surya Darmadi Ngeluh Sakit, Dicecar 9 Pertanyaan Sebelum Dibawa ke RS':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT