ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 16:12 WIB

Ini Pentingnya Pemeriksaan Tajam pada Penglihatan Anak

Sponsore - detikHealth
Ilustrasi Optik Melawai Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Begitu banyak pembelajaran pada anak-anak terjadi secara visual, sehingga sistem penglihatan mereka harus bekerja dengan baik. Namun, sayangnya, anak-anak biasanya tidak mengetahui seperti apa penglihatan mereka seharusnya dan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami gejala gangguan penglihatan. Jika anak Anda tidak dapat melakukan ini dengan benar, maka hal itu dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kognitif dan sosial serta kesejahteraan hidup mereka kedepan secara keseluruhan.

Penglihatan yang buruk dapat mempengaruhi cara mereka belajar dan tumbuh kembang anak. Kondisi mata yang umum seperti glaukoma dan mata kering dapat ditangani kalau diketahui lebih awal. Itulah mengapa penting untuk memahami seberapa sering anak Anda dibawa untuk pemeriksaan mata, terutama saat awal mereka masuk sekolah.

Masalah penglihatan pada anak-anak biasanya cukup umum. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hingga 10 persen anak prasekolah dan hingga 25 persen anak usia sekolah memiliki gangguan penglihatan. Masalah penglihatan mata pada anak tidak selalu jelas, terutama pada anak-anak yang kesulitan mengkomunikasikan apa yang salah dalam penglihatan mereka. Dalam beberapa kasus, jika anak Anda lahir prematur lebih berisiko mengalami gangguan penglihatan.

Dalam kasus lain, Anda mungkin akan melihat salah satu gejala berikut misalnya, perkembangan motoric anak yang tertunda, anak cenderung menggosok atau mengedipkan mata secara berlebihan, atau anak sering menghindari kontak mata.

Ilustrasi Optik MelawaiFoto: Dok. Shutterstock

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah anak Anda memiliki keterampilan dan kemampuan visual yang mereka butuhkan adalah dengan memastikan anak Anda mendapatkan pemeriksaan mata komprehensif secara rutin. Pemeriksaan tajam penglihatan adalah bagian rutin dari pemeriksaan mata atau pemeriksaan fisik umum, terutama jika ada masalah penglihatan.

Pada anak-anak, tes dilakukan untuk menyaring masalah penglihatan. Masalah penglihatan pada anak kecil seringkali dapat diperbaiki atau dikoreksi. Masalah yang tidak terdeteksi atau tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan penglihatan secara permanen.

Ilustrasi Optik MelawaiPromo Spesial Buy 1 Get 1 Free for eyewear di Optik Melawai periode 29 Juli s/d 8 Sept 2022 (S&K Berlaku) (Dok. Optik Melawai)

Anda bisa membeli lensa kontak di Optik Melawai. Saat ini, Optik Melawai mengadakan promo beli 2 box gratis 1 box untuk pembelian lensa kontak Avaira, illustro, Biomedics dan Newlook.

Dapatkan juga Promo BUY 1 GET 1 FREE untuk setiap pembelian frame + lensa / sunglasses plus FREE prescription single vision sun lens. Promo berlaku mulai Jumat (29/7/2022) hingga Kamis (8/9/2022).

Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi gerai Optik Melawai terdekat atau situs web www.optikmelawai.com.

(Content Promotion/Optik Melawai)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT