Hati-hati, Penampakan Sperma yang Seperti Ini Bisa Menandakan Kanker Prostat

ADVERTISEMENT

Hati-hati, Penampakan Sperma yang Seperti Ini Bisa Menandakan Kanker Prostat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 01 Sep 2022 19:26 WIB
ilustrasi sperma
Indikasi kanker prostat bisa ditemukan di sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ reproduksi pria. Menurut American Cancer Society, kanker prostat muncul ketika sel-sel di kelenjar prostat tumbuh tidak terkendali atau menjadi ganas. Fungsi kelenjar prostat sendiri untuk membuat cairan bagian dari air mani.

Adapun letak kelenjar ini berada di bawah kandung kemih, tepatnya di depan rektum atau pengunjung usus besar. Beberapa jenis kanker prostat tumbuh dan menyebar dengan cepat. Namun, ada juga yang pertumbuhannya relatif lambat.

Salah satu gejala kanker prostat bisa dilihat dari air mani, lantas seperti apa?

Dokter spesialis urologi dari RSU Bunda Menteng, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K), PhD, FICRS, menjelaskan, apabila air mani seseorang disertai darah bisa jadi tanda gejala kanker prostat.

"Air maninya misalnya berdarah mungkin saja bisa terjadi suatu kanker prostat," tuturnya saat webinar virtual, Kamis (1/9/2022).

Meski begitu, air mani yang disertai darah belum tentu menjadi tanda gejala kanker prostat, bisa jadi menunjukkan gangguan dari kondisi lain, seperti infeksi atau lainnya. Karenanya, penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Itu perlu kita checkup," sambungnya lagi.



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT